Young
Minggu, 7 Desember 2014 - 00:51 WIB

PERGAULAN REMAJA : Saat Nembak Harus Siap untuk Semua Kemungkinan

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Hastuti Rifayani, psikolog Universitas Sahid Solo. (Istimewa)

Hastuti Rifayani, psikolog Universitas Sahid Solo. (Istimewa)


Cowok nembak cewek itu sudah biasa, tapi gimana ya kalo cewek yang nembak cowok? Sebenarnya pantas nggak sih cewek nembak cowok?
Advertisement

“Enggak masalah, dulu itu tabu tapi sekarang sah-sah aja,” tutur Hastuti Rifayani, dosen Fakultas Psikologi Universitas Sahid Surakarta saat dihubungi Wasis, pekan lalu. Hanya saja budaya orang Indonesia selama ini lebih mengedepankan cowok sebagai pihak yang berinisiatif. Jadi, cowoklah yang biasanya harus maju duluan, bukan hanya nembak tapi cowok juga yang harus melindungi cewek.

Nah, ada dua kemungkinan ketika kita berbicara soal masalah atau enggaknya cewek nembak cowok. Menjadi masalah jika si cewek kurang persiapan mental ketika nantinya ditolak. Menjadi tidak masalah, karena si cewek bisa mengungkapkan langsung isi hatinya terhadap si cowok tanpa dia harus menunggu lama si cowok merespons perasaannya.
Hastuti menambahkan, ketika cewek hendak nembak cowok dia harus yakin terhadap perasaannya, apakah emang benar-benar suka atau hanya emosi sesaat.

“Ketika cinta kita ditolak kita juga harus mempersiapkan diri dengan baik, mempersiapkan diri dalam artian menggunakan kata-kata yang ringan dan tidak terkesan terlalu ngebet buat jadian dengan cowok itu,” kata Hastuti. Tapi ada resikonya juga ketika cewek nembak cowok, yaitu si cewek bisa dianggap terlalu percaya diri dan terlalu berani dalam mengungkapkan perasaannya. (Priscila-Wasis)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif