Jogja
Minggu, 7 Desember 2014 - 02:43 WIB

Pengasih Siap Jadi Kawasan Perkotaan di Kulonprogo

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Taman di kawasan Alun-alun Wates masih dalam pengerjaan, Jumat (5/12/2014). (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, KULONPROGO—Rencana menjadikan sebagian wilayah Kecamatan Pengasih sebagai kawasan perkotaan akan segera diwujudkan. Penataan tersebut akan dimulai 2015 mendatang dengan pelebaran jalan dan pemindahan Pasar Hewan Pengasih.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan lokasi sekolah dan perkantoran yang berhadapan dengan pasar hewan tidak sesuai dengan estetika. “Pasar hewan cenderung kotor, tidak pas kalau di depannya ada sekolah atau kampus. Semestinya itu ditata,” ujar Hasto, Jumat (5/12/2014).

Advertisement

Hasto mengungkapkan, rencananya ruas Jalan Kawijo dari depan Kecamatan Pengasih hingga simpang tiga Dayakan akan dilebarkan. Ruas jalan tersebut juga akan dilengkapi dengan trotoar serta akan ditingkatkan menjadi jalan provinsi.

“Status peningkatan jalan tersebut juga sudah selesai. Namun, saya harap pelebaran bisa dilakukan 2015,” imbuh Hasto.

Lebih lanjut Hasto memaparkan, tidak hanya pelebaran jalan yang akan membuat wilayah tersebut menjadi penopang Kota Wates. Pembangunan infrastruktur juga akan digiatkan.

Advertisement

“Tanah kas Desa Pengasih seluas dua hektare yang berada di sebelah SMK Negeri 1 Pengasih akan dibangun sebuah hotel. Infrastruktur tersebut akan menjadi sarana pembelajaran siswa setempat,” jelas Hasto.

Anggaran pembangunan hotel itu berasal dari Pemerintah Pusat yang dialokasikan melalui Dinas Pendidikan Kulonprogo tahun depan. Dia berharap, ke depan siswa dapat memanfaatkan hotel tersebut sebagai media pembelajaran jurusan perhotelan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif