Lifestyle
Minggu, 7 Desember 2014 - 23:50 WIB

HASIL PENELITIAN : Duh, Jabat Tangan Lebih Berbahaya dari Ciuman

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Foto: vemale.com)

Solopos.com, SOLO – Tahukah Anda, berjabat tangan ternyata dapat menyebarkan bakteri, kuman, dan virus yang berbahaya bagi kesehatan? Tahu jugakah Anda, bibit penyakit yang tersebar kala manusia berjabat tangan ternyata lebih berbahaya ketimbang bibit penyakit yang berpindah tubuh kala manusia berciuman.

Penelitian yang dilakukan di University of Texas di Austin, Texas, AS memperingatkan Anda tentang kemungkinan penyebaran bakteri saat berjabat tangan karena Anda tidak akan pernah tahu bakteri atau virus yang terkandung di tangan seseorang. “Anda juga tidak tahu apa-apa yang mereka pegang. Kemungkinan penyebaran penyakit virus yang sangat tinggi,” kata Sheril Kirshenbaum, peneliti dan penulis The Science of Kissing.

Advertisement

Tidak hanya itu, Kirshenbaum juga mengatakan bahwa berciuman sebenarnya sehat daripada berjabat tangan meskipun banyak orang berpikir bahwa ciuman akan menyebarkan lebih banyak bakteri. “Saat berciuman infeksi bakteri tidak terjadi, tetapi akan memicu naiknya sistem kekebalan tubuh manusia secara alami. Tidak seperti berjabat tangan yang lebih berbahaya daripada berciuman,” lanjut Kirshenbaum sebagaimana dilansir Daily Mail, Minggu (7/12/2014).

Tentu saja Anda tidak harus menghindari berjabat tangan dengan seseorang. Jadi, sebagai langkah pencegahan adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dari dalam seperti makan makanan sehat dan menjaga kebersihan tubuh.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif