Soloraya
Sabtu, 6 Desember 2014 - 09:45 WIB

NORMALISASI SUNGAI KLATEN : Pengerukan Sedimen 5 Sungai di Klaten Telan Rp690 Juta

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (WAHYU SULISTIYAWAN/JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, KLATEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten melakukan normalisasi lima sungai dengan biaya sekitar Rp690 juta dari APBD Klaten tahun ini.

Menurut Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum (SDA DPU) Klaten, Harjaka, normalisasi sungai itu berupa pengerukan sedimen dan peninggian tanggul.

Advertisement

Normalisasi juga bertujuan agar debit air pada aliran sungai bisa sesuai dengan kondisi semula sehingga daya tampungnya bertambah.

“Saat ini, banyak tanggul yang kondisinya kritis sehingga rawan tergerus arus sungai. Hal itu menyebabkan banjir di daerah di sekitarnya. Jadi, tanggul ditinggikan agar aliran lancar dan sungai tidak meluap. Selain itu, pengerukan juga dilakukan untuk mengembalikan daya tampung sungai,” katanya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (5/12/2014).

Ia menyatakan sungai pertama yang dinormalisasi adalah Kali Ujung yang luapan airnya sering menyebabkan banjir di desa sekitarnya. Pengerukan sedimentasi dan pelebaran sungai dilakukan sepanjang 700 meter dengan dana sekitar Rp100 juta.

Advertisement

Dua Tahap

Sedangkan lainnya yakni Kali Deleran di Desa Cucukan, Kecamatan Prambanan yang dinormalisasi dalam dua tahap. Dari dana APBD Klaten dialokasikan Rp130 juta dan tahap kedua dialokasikan Rp100 juta dari Perubahan APBD 2014.

Selain itu, juga ada normalisasi Kali Dengkeng di Desa Tukuman, Kecamatan Cawas dan Kali Balong di Cawas. Sedangkan normalisasi terakhir dilakukan di saluran pembuangan ke sungai atau avur di Desa Pacing, Kecamatan Wedi.

Advertisement

“Total dana untuk lima normalisasi sungai itu senilai Rp690 juta dari APBD dan Perubahan APBD 2014,” ujarnya.

Rencananya, tahun depan Pemkab akan mengalokasikan dana APBD senilai Rp1 miliar untuk melakukan normalisasi lagi sejumlah sungai.

Inilah 5 sungai di Klaten yang dinormalisasi tahun ini:

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif