Sport
Sabtu, 6 Desember 2014 - 04:25 WIB

JELANG NEWCASTLE UNITED VS CHELSEA : Mou Haramkan Sebut The Blues Tak Terkalahkan

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Manager Chelsea Jose Mourinho. (Guardian.co.uk)

Solopos.com, NEWCASTLE— Chelsea tidak mau terlalu percaya diri. Meski tak terkalahkan di musim ini, tim polesan Jose Mourinho tetap harus waspada ketika melawat ke markas Newcastle United, St. James Park, Newcastle, Sabtu (6/12/2014) pukul 19.45 WIB.

Chelsea pantas mendapat acungan jempol. Cesc Fabregas dkk. belum pernah merasakan kekalahan satu pun dalam 21 laga di berbagai kompetisi musim ini, dengan rincian 16 kali menang dan lima kali imbang. Sebanyak 14 laga tak terkalahkan musim ini tersebut diukir Chelsea di Liga Premier.

Advertisement

Meski demikian, Mourinho selalu mewanti-wanti anak buahnya untuk tidak mengungkir rekor tak terkalahkan mereka tersebut. Pelatih berjuluk The Special One itu “mengharamkan” Oscar dkk. menyebut-menyebut istilah “tak terkalahkan”. Tujuannya tidak lain agar penggawa The Blues tidak mengalami over confident alias terlalu percaya diri ketika mereka harus kembali turun di lapangan.

“Manajer selalu bicara di setiap sebelum laga dan memberi tahu kami agar tidak terlalu percaya diri. Mourinho bicara sebelum laga dan untuk memastikan kaki kami tetap menapak di lantas [rendah hati]. Kami masih punya banyak laga yang harus dimainkan dan kami harus melanjutkannya dengan kemenangan. Tentu kami ingin mempertahankan rasa percaya diri, namun jangan berlebihan karena itu bisa berbahaya,” jelas Oscar, seperti dilansir Daily Mail, Jumat (5/12).

Untuk mempertahankan konsistensi itu, Chelsea tidak melulu memikirkan bermain menyerang. Pertahanan solid juga menjadi salah satu faktor yang harus mereka pikirkan agar rekor tak terkalahkan itu tak berhenti.

Advertisement

“Pertahanan kami sangat kuat. Semua pemain ingin bertahan untuk tim, meski itu para pemain ofensif, seperti saya. Kami sangat kuat dan itu sangat penting,” jelas sambung winger Chelsea, Eden Hazard.

The Blues pantang percaya diri berlebihan, apalagi Newcastle yang bakal dihadapi menunjukkan performa memikat dalam beberapa laga terakhir. Tim polesan Alan Pardew tersebut hanya menelan sekali kekalahan dalam sembilan laga terakhir mereka di berbagai kompetisi.

Selain itu, Mourinho  memiliki sejarah buruk karena tidak pernah menang dalam empat kali kunjungannya ke  St. James Park, dengan rincian dua kali kalah dan dua kali imbang. Kunjungan terakhir The Blues di bawah polesan Mourinho di St. James Park berakhir tragis, yakni dengan kekalahan 0-2, November 2011.

Advertisement

Tantangan Chelsea semakin berat karena tidak akan diperkuat gelandang bertahan Nemanja Matic. Padahal, pemain asal Serbia itu menjadi salah satu aktor utama ketika The Blues harus bermain bertahan. Namun, Mourinho bisa kembali memakai servis bomber mautnya, Diego Costa, setelah absen ketika mengalahkan Tottenham Hotspur 3-0 karena akumulasi kartu kuning, medio pekan ini.

“Secara mental kami dalam posisi kuat dan kepercayaan diri tinggi. Kami punya spirit bagus dan telah belajar dari pengalaman panjang. Kami harus mewaspadai Chelsea karena mereka terlihat luar biasa. Mereka sebuah tim hebat yang sangat kuat dan terorganisasi,” jelas Pardew, dilansir Soccerway.

Hanya, Newcastle tidak luput dari kelemahan. Anak asuh Pardew sedang dihantam badai cedera pemain termasuk ketika ditahan Burnley 1-1, medio pekan ini. Kapten Fabricio Coloccini masih berjuang mengembalikan kebugarannya setelah absen dalam dua laga terakhir karena cedera betis. Sementara kiper Tim Krul masih dibekap cedera engkel dan winger Rolando Aarons bermasalah dengan hamstring-nya. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif