News
Sabtu, 6 Desember 2014 - 21:52 WIB

FFI 2014 : Pemeran Terbaik, Chicco Jerikho-Dewi Irawan Dobrak Dominasi Film Soekarno

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Chico Jericho (Twitter)

Solopos.com, PALEMBANG — Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2014 memunculkan nama baru yang tak pernah meraih Piala Citra sebelumnya. Tengok saja peraih gelar Pemeran Utama Pria Terbaik dan Pemeran Utama Wanita Terbaik FFI 2014.

Untuk kategori Pemain Utama Pria Terbaik, ada nama-nama tenar yang bersaing, yaitu Vino G. Bastian, Ario Bayu dalam Soekarno, Herjunot Ali dalam Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk, dan Chico Jericho dalam Cahaya dari Timur. Banyak yang menjagokan Ario Bayu, tapi peraih gelar mentereng itu adalah Chico Jericho.

Advertisement

Chico pun tak menyembunyikan perasaan kagetnya. Aktor yang kini berambut gondrong itu memeluk dan menyalami rekan-rekannya saat menuju panggung FFI 2014. “Maju terus perfilman Indonesia, sebuah kehormatan untuk berbicara memegang piala ini, yang tidak pernah terbayang untuk memegangnya,” kata Chico Jerico sambil mengangkat Piala Citranya.

Selain mengalahkan pemeran utama dalam film “kuat” seperti Soekarno, yang istimewa dari momen ini adalah gelar ini dibacakan oleh duet Ada Apa Dengan Cinta (AADC), Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo. Dian pernah meraih gelar pemeran Wanita Terbaik pada FFI 2004 dari AADC. Sedangkan Nicholas Saputra juga meraih penghargaan serupa pada FFI 2005 melalui film Gie.

Sementara itu, kejutan juga datang dari kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik. Ada nama Atiqoh Hasiholan, Revalina S. Temat, dan Prisia Nasution (dalam Sokula Rimba). Belum lagi ada nama kuat Maudy Koesnaedi atas perannya sebagai istri pertama Soekarno.

Advertisement

Tapi pemenangnya adalah aktris senior Indonesia yang selama ini langganan jadi nominee Piala Citra. “Dewi Irawan dalam film Tabula Rasa,” kata Lukman Sardi membacakan peraih gelar Pemeran Utama wanita Terbaik.

“Saya juga pernah mendapatkan nominee yang sama, tapi yang menang adalah Bu Christine Hakim. Buat adik saya Ria, cepat sembuh dan kembali main film lagi,” katanya dengan mata berkaca-kaca.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif