Lukisan Makluk Mitologi (JIBI/Detik) Lukisan Makluk Mitologi (JIBI/Detik)
Jumat, 5 Desember 2014 11:00 WIB JIBI/Solopos/Newswire Peristiwa Share :

KISAH MISTERI
Lukisan Makhluk Mitologi Ini Sempat Dipercaya Alien

Solopos.com, JAYAPURA – Masih ingat dengan lukisan alien di Gua Kontilola, Papua? Kini fenomena nyaris serupa kembali menggegerkan tanah Papua Barat.

Menurut laporan Detik, Kamis (4/12/2014), Arkeolog menemukan fenomena misterius di bebatuan Tanjung Bicari. Aneka gambar berserakan di bebatuan yang terletak di kawasan yang sulit dijangkau itu.

Gambar-gambar itu aneka bentuk, mulai dari tumbuhan, hewan, hingga berbagai peralatan keseharian. Gambarnya memang aneh-aneh, bahkan ada yang mirip dengan gambar alien.

Kepala Balai Arkeologi Jayapura Muhamad Irfan menjelaskan gambar itu adalah bentuk tokoh mitologi suku-suku di Kaimana.

“Itu seni lukis prasejarah, gambar itu gambar mitologi suku-suku di Kaimana pada dinding di tebing kawasan karst,” jelas Irfan, Kamis (4/12/2014).

Gambar ini sempat diduga alien (Kaskus/Itong7her18)

Gambar ini sempat diduga alien (Kaskus/Itong7her18)

Menurut dia, gambar wujud seperti itu ada karena daya khayal dari para suku terdahulu.

“Gambar itu makhluk mitologi matutuo yang dianggap perwujudan leluhur. Itu penggambaran saja, semacam abstraksi atau mungkin bersifat imajiner,” urai Irfan.

Tim Balai Arkeologi Jayapura Papua tengah berupaya keras mengungkap misteri gambar-gambar di tebing bebatuan di sana. Kawasan Tebing Bicari di Papua Barat ini apalagi memiliki alam dan pemandangan yang indah sehingga banyak wisatawan datang.

Selain kawasan ini, Gua Kontilola juga memunculkan cerita nyaris serupa. Gua Kontilola adalah gua horizontal yang terdapat di Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

Di dalamnya terdapat berbagai macam gambar dengan bentuk yang aneh-aneh. Gua ini sempat menghebohkan media massa tahun 2012 silam.

Di salah satu dindingya ada suatu lukisan yang tak biasa. Terdapat lukisan berbentuk mahluk aneh dan berjari empat.

Lukisan ini ada di dinding gua dengan ketinggian lebih dari tiga meter. Memang, cukup sulit bagi orang biasa untuk melukisnya.

Menurut postingan salah satu akun di forum Internet Kaskus, Secara detil, lukisannya bergambar tiga orang. Satu orang di bagian kanan lukisan memiliki bentuk yang tidak jelas, seperti hanya sketsa. Namun, dua orang di sebelahnya terlihat sangat jelas.

Akan tetapi, dua orang tersebut hanya bergambar setengah badan. Kepalanya bundar sempurna dan tidak ada rambut di atasnya, serta kupingnya kecil panjang. Di antara matanya, ada bentuk V yang terlihat jelas. Matanya pun bulat sempurna dan tidak ada alis atau bulu mata, beda dengan mata manusia.

Sayangnya tidak dapat diverifikasi apakah itu gambar alien, atau hanya makhluk khayalan belaka.

lowongan kerja, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Bung Karno, Lenso, Cha Cha Cakrabirawa

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (2/6/2017). Esai ini karya Albertus Rusputranto P.A., pengajar di Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah titusclurut@yahoo.co.uk Solopos.com, SOLO — Cakrabirawa adalah nama kesatuan pasukan penjaga Istana…