News
Kamis, 4 Desember 2014 - 21:20 WIB

KISAH INSPIRATIF : Ingin Kuat Jalani Kemoterapi, Bocah ini Kenakan Topeng Kura-kura Ninja

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, LONDON-Mayoritas anak-anak berpakaian superhero favorit karena ingin bermain dan berkhayal bersama teman-temannya. Namun tidak bagi Harley Renshaw. Bocah 5 tahun ini mengenakan pakaian superhero untuk memberikan keberanian menjalani perawatan kemoterapi.

Harley didiagnosa dengan kanker di bagian ginjal, paru-paru, tulang dan leher sejak masuk SD. Adapun selama tiga bulan terakhir, dia menjalani 14 sesi kemoterapi.

Advertisement

Ketika harus menjalani terapi kimia di The Christie Hospital, Manchester, dia akan mengenakan topeng yang ia buat seperti wajah kura-kura ninja. Menurut dia, topeng ini merupakan ‘suntikan’ keberanian.

Ibunya, Stacey Parker, 23, dan ayahnya, Oliver Renshaw, 25, berkata Harley tidak seperti anak-anak pada umumnya. Bocah ini memiliki daya tahan yang luar biasa. Selain membuat topeng, Harley juga membuat kalung manik-manik untuk memotivasi diri sendiri.

Harley Renshaw (Dailymail)

Advertisement

“Tidak sekalipun dia mengeluh mengenai terapi. Dia memiliki bekas luka di perut, tetapi dia menyebutnya sebagai ‘bekas luka bajak laut’. Kami sangat bangga dengan putra kami,” terang dia seperti dilansir dari Dailymail.

“Dia harus menghadapi banyak hal tahun ini tetapi dia dapat menjalaninya dengan baik. Dia benar-benar inspirasi nyata dan pahlawan kami,” tambahnya.

Keluarga Harley baru mengetahui penyakitnya tak lama saat bocah itu masuk sekolah. Tepatnya ketika ibu Harley membawa anak itu ke klinik karena sakit di perut.

Advertisement

Harley didiagnosa dengan neuroblastoma, sebuah kanker langka dan agresif pada anak. Saat ini, Harley mendapat perawatan di Royal Manchester Children’s Hospital untuk mendapat perawatan awal.

Setidaknya Harley menghabiskan waktu selama 80 hari untuk menjalani perawatan kemoterapi intensif dan operasi untuk mengangkat tumor di ginjal. Sebulan kemudian, Harley kembali ke rumah sakit untuk menjalani transplantasi stem cell. Tak lama, Harley harus melawan komplikasi perawatan saat merayakan ulang tahun kelima. Terapi-terapi itu belum termasuk perawatan radioterapi selama 14 hari. Saat ini, Harley harus menjalani lima bulan perawatan lantaran harus menjalani lima tahapan immunotherapy.

“Ketika kami mengetahui diagnosa Harley, kami benar-benar merasa kaget. Rasanya dunia kami hancur dan kami sangat ketakutan,” ujar Stacey.

Harley saat ini mendapat penghargaan dari Cancer Research UK’s Little Star Award. Penghargaan ini diberikan kepada anak-anak yang memiliki cara unik dan berani menghadapi kanker.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif