Jogja
Rabu, 3 Desember 2014 - 13:20 WIB

MUSIM HUJAN : BPBD Kulonprogo Tunggu Prediksi Penetapan Bencana

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulonprogo menunggu hasil prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait intensitas hujan untuk mempertimbangkan peningkatan status bencana di daerah ini.

“Kami sudah mengirim surat ke BMKG tentang prediksi kondisi cuaca, namun sampai saat ini belum ada jawaban sehinga kami tidak bisa menaikkan atau menyatakan bencana, meski di wilayah utara sudah terjadi bencana tanah longsor,” kata Kepala BPBD Kulon Progo Untung Waluyo di Kulon Progo, Selasa (2/12/2014).

Advertisement

Ia mengatakan hujan yang mengguyur wilayah ini sejak Sabtu (30/11) hingga saat ini sedikitnya ada tujuh lokasi tanah longsor. Semuanya berada di wilayah Perbukitan Menoreh, yakni Kecamatan Kokap, Samigaluh, Pengasih, dan Girimulyo.

Titik lokasi tanah longsor seperti di Clapar (Kokap), Gunung Kelir (Girimulyo), dan Pendoworejo (Samigaluh).

Advertisement

Titik lokasi tanah longsor seperti di Clapar (Kokap), Gunung Kelir (Girimulyo), dan Pendoworejo (Samigaluh).

“Dari laporan di lapangan tidak ada korban jiwa. Hanya rumah-rumah warga terkena tanah longsor dan jalan-jalan tertutup lumpur longsoran,” kata Untung.

Ia mengimbau jika turun hujan dengan intensitas tinggi selama tiga jam, masyarakat hendaknya mengungsi ke rumah yang lebih aman.

Advertisement

Dia mengimbau warga Kecamatan Nanggulan dan Kalibawang untuk lebih waspada terhadap kemungkinan terjadi angin puting beliung karena dua kecamatan tersebut setiap tahun biasanya dilanda angin tersebut.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat Kecamatan Nanggulan dan Kalibawang yang di sekeliling rumahnya terdapat pohon besar agar dipangkas dahannya dan tidak sampai melebihi ketinggian rumah karena dikhawatirkan jika terjadi angin kencang pohon bisa tumbang.

“Wilayah Kulonprogo yang berada di Perbukitan Menoreh seperti Kalibawang dan Samigaluh berpotensi terjadi tanah longsor dan angin puting beliung,” kata dia.

Advertisement

Semantara itu, lanjut Untung, wilayah kecamatan yang berpotensi tinggi terjadi banjir adalah Kecamatan Samigaluh dan Kalibawang, potensi menengah di Kecamatan Galur, Girimulyo, Kalibawang, Kokap, Lendah, Nanggulan, Panjatan, Pengasih, dan Sentolo.

“Potensi tanah longsor terjadi di wilayah pegunungan, sedangkan banjir di wilayah bantaran sungai. Di Kulonprogo ada tiga sungai yang kami waspadai yakni Sungai Progo, Serang, dan Sungai Bogowonto,” katanya.

Ia berharap BPBD DIY segera melakukan koordinasi dengan BPBD kota/kabupaten dalam mengantisipasi bencana.

Advertisement

“Kami berharap, BPBD memberikan materi kesiapan menghadapi bencana dan menangani korban,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif