News
Selasa, 2 Desember 2014 - 10:15 WIB

SOLOPOS HARI INI: Ical Tak Punya Lawan hingga Jokowi Enggan Dijemput Pejabat Saat Blusukan

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Selasa, 2 Desember 2014

Solopos.com, SOLO – Munas Golkar masih jadi berita utama Harian Umum Solopos hari ini, Selasa (2/12/2014). Ketua DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menyatakan mundur dari bursa calon ketua umum Golkar. Dengan demikian hanya tinggal seorang calon ketua umum yakni incumbent, Aburizal Bakrie alias Ical.

Kabar lain, Persis Solo Jr. sukses menapak ke partai final Piala Suratin. Perjalanan panjang ke partai puncak akan terasa sempurna jika Persis Jr. bisa mengakhiri laga sebagai juara.

Advertisement

Simak rangkuman berita utama Harian Umum Solopos edisi Selasa, 2 Desember 2014;

PENANGANAN AIDS: Dana Hibah Pengidap HIV/AIDS Disetop

Komisi Pengendalian AIDS (KPA) Kota Solo mengatakan kontrak dana hibah dari The Global Fund (GF) untuk penanganan dan pengendalian HIV/AIDS akan berakhir pada Juli 2015.

Advertisement

Jika kontrak dari lembaga donor itu tak diperpanjang, ratusan pengidap HIV/AIDS terpaksa harus membayar sendiri biaya pengobatan mereka.

Pengelola Program KPA Solo, Tommy Prawoto, ketika dijumpai wartawan di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Senin (1/12), mengatakan dana hibah The Global Fund yang merupakan Yayasan Peduli AIDS dipakai untuk penyuluhan, sosialisasi, pendampingan, hingga biaya pengobatan untuk pengidap HIV/AIDS di Soloraya.

Selain sokongan dana dari lembaga donor, penanganan HIV/AIDS juga mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.

(Baca Juga: Bantuan Global Fund akan Disetop, Pengidap HIV/AIDS Terancam Bayar Obat Sendiri, Laras Hati Kampanyekan Pencegahan AIDS, 5 Bocah Pengidap HIV Belum Tersentuh Pemerintah Solo, Kisah 5 Bocah Pengidap HIV: Tinggal di “Panti Asuhan” Solo, Tiap Hari Konsumsi ARV)

Advertisement

MUNAS GOLKAR: Ical Tak Punya Lawan

Ketua DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menyatakan mundur dari bursa calon ketua umum Golkar. Dengan demikian hanya tinggal seorang calon ketua umum yakni incumbent, Aburizal Bakrie alias Ical.

”Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman dan pada kesempatan ini saya nyatakan menarik diri dari pencalonan. Saya tak bertanggung jawab terhadap keputusan Munas,” ujar Airlangga di Westin Hotel, Kawasan Nusa Dua, Bali, Senin (1/12) malam.

Dia mengaku kecewa dengan prosesi Musyawarah Nasional (Munas) IX Golkar yang disebutnya tak demokratis. Ada akalakalan dalam pembentukan tata tertib. ”Di tata tertib diubah bahwa voting tertutup diubah jadi surat dukungan. Sedangkan mengenai hal dukung mendukung tak pernah dipublikasikan sebelumnya,” imbuh dia.

Advertisement

Meski sudah pasti Ical akan menang mulus di suksesi partai beringin, Airlangga berjanji tetap di Golkar. Airlangga pun menyebut tak akan menghadiri Munas yang rencananya digelar oleh Presidium Penyelamat Partai pada Januari 2015.

(Baca Juga: Di Luar Munas, LPJ Ical Diberi Nilai Merah, Priyo Budi Santoso Diusir dari Munas Golkar di Bali, Nurdin Halid Pimpin Munas, Penjaringan Kandidat Ketum Digelar Terbuka)

REVOLUSI MENTAL: Jokowi Tak Mau Dijemput Pejabat Saat Blusukan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan gerakan revolusi mental saat memimpin upacara peringatan HUT ke-43 Korpri di lapangan Monas Jakarta, Senin (1/12). Salah satu bentuknya adalah perilaku hemat termasuk di lingkungan Istana.

Advertisement

Di Istana Merdeka, kemarin, Jokowi mengumpulkan staf terkait efi siensi anggaran. Meskipun sering melakukan kunjungan kerja ke daerah maupun ke luar negeri tetapi soal penghematan harus diperhatikan secara cermat.

“Presiden tadi briefi ng staf kaitannya efi siensi karena Presiden sangat sering pergi ke daerah,” kata Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, di Istana Kepresidenan, Senin.

(Baca Juga: Jokowi Kunjungi Semarang, Ganjar Ajak Blusukan, Jokowi ke Sinabung Lagi dengan E-Blusukan, Presiden Jokowi Minta Staf Berhemat, Ini Caranya)

FINAL PIALA SURATIN: Saatnya Juara, Laskar Sambernyawa Muda!

Persis Solo Jr. sukses menapak ke partai final Piala Suratin. Perjalanan panjang ke partai puncak akan terasa sempurna jika Persis Jr. bisa mengakhiri laga sebagai juara.

Persis Solo Junior (Jr.) memiliki kenangan buruk di partai fi nal Piala Suratin 1994. Saat itu, Indriyanto ”Nunung” Nugroho dkk. gagal menuntaskan kiprah mereka di ajang ini sebagai juara.

Advertisement

Simak laporan persiapan Laskar Sambernyawa di Harian Umum Solopos edisi Selasa, 2 Desember 2014.

(Baca Juga: Persis Jr. Menghapus Memori Lama, Melaju ke Final, Persis Solo Jr Siap Cetak Sejarah Baru)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif