Otomotif
Senin, 1 Desember 2014 - 11:50 WIB

TIPS : Ingin Kredit Mobil? Perhatikan Hal Berikut

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penjualan mobil. (JIBI/Harian Jogja/Dok)

 
Harianjogja.com, JAKARTA — Memiliki mobil adalah sebuah cita-cita yang akan terus dikejar oleh banyak orang, terutama yang sudah berkeluarga. Tak peduli harga mobil yang cukup mahal, segala cara akan ditempuh untuk memiliki mobil sendiri. Salah satunya dengan cara mengambil kredit mobil.

Akan tetapi, jangan sampai hasrat yang begitu besar untuk memiliki mobil tersebut membutakan mata Anda mengenai kondisi finansial yang saat itu sedang dialami, atau pengeluaran yang harus dilakukan dalam beberapa tahun ke depan.

Advertisement

Agar Anda tidak bermasalah ketika mengambil kredit mobil dan lalai dalam membayar cicilan bulanan, berikut ini adalah tips untuk menekan beban kredit mobil.
1. Meningkatkan Pendapatan

Meningkatkan pendapatan sangat penting untuk membayar cicilan mobil per bulannya yang akan memakan waktu selama bertahun-tahun.

Advertisement

Meningkatkan pendapatan sangat penting untuk membayar cicilan mobil per bulannya yang akan memakan waktu selama bertahun-tahun.

Selain untuk membayar cicilan bulanan, peningkatan finansial juga berguna untuk menjamin kesehatan finansial keluarga Anda di masa depan, misalnya untuk membayar uang sekolah anak atau hal lainnya.

Pekerjaan atau usaha sampingan dapat dijadikan pilihan untuk meningkatkan pendapatan bulanan Anda.

Advertisement

Intinya, jangan sampai jumlah penghasilan Anda segitu-segitu saja, sebab setiap tahun biaya hidup selalu naik.
2. Jangan Berutang untuk Menutup Utang

Jika Anda mendapatkan masalah untuk membayar cicilan bulanan, misalnya menunggak cicilan karena ada kebutuhan yang lebih mendadak, jangan sampai meminjam uang kepada orang lain untuk menutupi utang yang sudah ada.

Sebab, hal tersebut sama saja dengan membentuk rantai utang yang tidak akan ada habisnya.

Advertisement

Namun, jika memang sudah sangat mendesak untuk membayar cicilan mobil, sebaiknya Anda meminjam kepada saudara atau orangtua karena tidak akan terkena bunga pinjaman.
3. Mengelola Pengeluaran

Ketika Anda sedang mencicil mobil, Anda harus langsung mengatur pengeluaran bulanan Anda dengan cara membuat prioritas.

Jika memang cicilan mobil adalah pengeluaran yang utama, jadikan ia sebagai prioritas utama yang harus dibayar terlebih dahulu setiap bulannya. Dengan demikian, cicilan mobil Anda tidak akan menunggak.
4. Minta Penjadwalan Ulang

Advertisement

Jika Anda sampai terlewat membayar cicilan bulanan, Anda dapat meminta lembaga jasa keuangan untuk melakukan penjadwalan ulang terkait hal tersebut.

Ini akan memungkinkan Anda untuk bernapas sedikit lebih lega. Namun, Anda tetap tidak boleh terlena hingga melewatkan jadwal berikutnya.

Kesempatan ini harus Anda gunakan untuk mencari cara melunasi cicilan.
5. Berhemat

Jika penghasilan Anda pas-pasan ketika mengambil kredit mobil, berarti Anda harus melakukan penghematan pengeluaran bulanan agar cicilan mobil tidak menunggak.

Penghematan ini bisa berupa mengurangi makan di luar atau belanja hal yang kurang begitu diperlukan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif