Sport
Senin, 1 Desember 2014 - 04:25 WIB

PEMAIN BINTANG : Selain Raja Gol, Ronaldo Juga Raja Assist

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, MADRID— Apabila mendengar nama Cristiano Ronaldo, mungkin yang terbayang pada benak beberapa orang adalah tentang gol-gol yang dia ciptakan. Penyerang  Real Madrid itu memang dikenal sebagai bomber maut. Sepertinya halnya musim ini, Ronaldo telah mengemas 20 gol hanya dalam 13 laga di Liga Primera musim ini.

Namun, Ronaldo bukan hanya layak dinobatkan sebagai raja gol. Penyerang asal Portugal tersebut juga mulai melihatkan kontribusi lain untuk timnya, yakni memberi servis bagi rekan-rekannya untuk mencetak gol alias membuat assist.

Advertisement

Kepiawaian CR7, julukan Ronaldo, dalam menciptakan assist itu terlihat ketika Madrid menekuk Malaga 2-1 pada jornada ke-13 Liga Primera di Stadion La Rosaleda, Minggu (30/11) dini hari WIB. Dalam duel tersebut, Ronaldo memang tak mampu menciptakan gol. Namun, dua gol Madrid yang dikemas Karim Benzema dan Gareth Bale semuanya tercipta setelah menerima umpan dari Ronaldo.

Dengan dua tambahan assist di La Rosaleda membuat Ronaldo mengemas tujuh assist di Liga Primera musim ini. Dia bahkan lebih unggul satu assist dibandingkan rekan setimnya, Toni Kroos serta unggul dua assist lebih banyak ketimbang James Rodriguez dan Karim Benzema.

Kontribusi Ronaldo itu pun mendapatkan banyak pujian dari rekan-rekan setimnya. Kiper Madrid, Iker Casillas, menjagokan rekan setimnya tersebut menjadi pemenangan Ballon d’Or 2014, yang bakal diumumkan Januari mendatang.

Advertisement

“Saya sudah memberikan suara saya. Saya bisa mempublikasikannya jika Anda mau. Bagiku, Cristiano yang terbaik,” jelas kapten Timnas Spanyol tersebut, dilansir Football Espana.

Casillas juga mengungakapkan rasa bahagianya karena Madrid tampil konsisten dengan meraup kemenangan dalam 16 laga beruntun di berbagai kompetisi. Hal itu membuat Madrid bisa memecah rekor klub. Di sisi lain, pemain berjuluk Santo Iker juga meyakinkan posisinya di Madrid.

“Saya bukan sampah sebelumnya dan sata bukan seorang fenomena. Pelatih [Carlo Ancelotti] memilihku. Saya respek kepada Keylor [Navas, kiper kedua Madrid]. Dia layak bermain dan mendapat kesempatan,” jelas Casillas membungkam kritikan yang sempat menderanya.

Advertisement

Namun, Casillas lagi-lagi membuat performa yang buruk ketika melawan Malaga. Oleh Marca, pasangan hidup presenter televisi Sara Carbonero itu disebut-sebut melakukan kesalahan terburuk dalam kariernya, ketika tidak mendiamkan bola tendangan voli pemain Malaga, Sergi Darder. Beruntung, bola itu akhirnya berlari ke pojok lapangan setelah hanya membentur mistar gawang Casillas. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos) 
 
Torehan Assist Ronaldo Bersama Real Madrid di Liga Primera:
2014/2015           7 Assist*
2013/2014           9 Assist
2012/2013           9 Assist
2011/2012           12 Assist
2010/2011           10 Assist
2009/2010           7 Assist
 
Ket: *belum berakhir.
Sumber: Marca. (hkt/JIBI)

Cristiano Ronaldo dengan statistik prestasinya dalam memberi assist maupun membuat gol. Ist/cristian

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif