Lifestyle
Senin, 1 Desember 2014 - 04:15 WIB

Ayam Besengek, Menu dari Tembi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ayam Besengek, Menu dari Tembi. (Rina Wijayanti/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, BANTUL—Tembi Olah-olahan merupakan bagian dari Tembi Rumah Budaya yang menyajikan andalan ayam besengek.

Ayam besengek merupakan menu khas Jawa, biasanya dimasak di lingkungan rumah tangga. Besengek memiliki cita rasa yang khas yakni gurih. Selain menggunakan ayam, besengek bisa juga diganti dengan bahan lain seperti tempe ataupun tahu.

Advertisement

Di Tembi Rumah Olah-olahan, menu besengek ini menjadi menu utama. Marketing Tembi Olah-olahan, Adriana Noor Kartika menjelaskan alasannya. Menurut dia, pada menu besengek memberikan imajinasi menu lokal, menu ini, katanya, juga disebut dalam serat Centini.

“Menu besengek disebut dalam serat Centini, meskipun tidak disertakan cara dan apa saja bumbunya namun orang Jawa mengenal dan tau bagaimana mengolahnya, maka itu kami sebut besengek sebagai menu khas Jawa,” kata Adriana, belum lama ini.

Penyuka rasa gurih pasti akan senang menikmati sajian yang satu ini. Bagi yang suka pedas, besengek bisa juga berdampingan dengan sambal.

Advertisement

Di Tembi Rumah Olah-olahan, menu ayam besengek adalah menu yang cukup laris, “Rasa dagingnya gurih dan empuk, sehingga kita tidak usah susah-susah untuk mengunyahnya,” kata Adriana.

Made Bowo, Kepala Tembi Rumah Olah-Olahan menambahkan, besengek hanyalah salah satu menu dari beberapa menu yang tersedia di Tembi Rumah Olah-olahan.

Ada pula menu khas lainnya yang tak kalah menggoda lidah Anda, Banyak (Angsa) Guling, Kambing Guling, Bakmi Jawa, Sate Klathak, Soko Kambing, Empal Gepuk, Mi Amongraga dan lainnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif