Jogja
Minggu, 30 November 2014 - 12:15 WIB

STASIUN PEMANTAU GUNUNG MERAPI : Pendaki Hanya Berlindung dan Ambil Logistik, Tak Ada Kerusakan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gunung Merapi (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

Harianjogja.com, SLEMAN- Seorang pendaki membobol Stasiun Pemantau Multiparameter di kawasan lereng Gunung Merapi, Jumat (28/11/2014). Pendaki tersebut hanya berlindung dan mengambil logistik.

Kasi Gunung Merapi BPPTKG DIY, Agus Budi Santoso saat dimintai konfirmasi menjelaskan, pendaki tersebut menggunakan stasiun sebagai tempat berlindung dari cuaca ekstrem. Serta memanfaatkan sejumlah logistik karena kebetulan telah kehabisan bekal makanan.

Advertisement

“Kebetulan di dalam stasiun itu ada makanan seperti sarden dan kentang. Dia sempat bermalam sampai siang,” ungkap dia, Sabtu (29/11/2014).

Dengan alasan tersebut, lanjutnya, BPPTKG masih memberikan toleransi dan menyelesaikan kasus itu secara kekeluargaan.

Selain itu setelah dilakukan pengecekan tim BPPTKG yang berangkat Jumat (28/11/2014) malam hingga Sabtu (29/11/2014) diketahui tidak ada kerusakan pada alat pemantauan otomatis.

Advertisement

Kerusakan, kata dia, hanya sebatas pada gembok yang dibongkar paksa. Ia berharap peristiwa serupa tidak terulang lagi karena jika dibiarkan atau tidak diketahui BPPTKG maka hal itu dapat menganggu proses pemantauan.

“Karena itu kami berterima kasih atas kerja sama relawan barameru, SAR Klaten, TNGM dalam membantu mengatasi kejadian ini,” imbuhnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif