Sport
Minggu, 30 November 2014 - 01:45 WIB

KEJURNAS JUDO SENIOR 2014 : 250 Atlet Ambil Bagian di Kejurnas Judo Senior

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

 

 

Advertisement

Harianjogja.com, MAKASSAR — Sebanyak 250 atlet bersaing menjadi yang terbaik pada kejuaraan nasional judo senior di GOR Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, 29-30 November 2014.

Ketua Panitia Kejurnas Letkol Deni Sukwara mengatakan, seluruh atlet berasal dari 31 pengprov PJSI se-Indonesia.

Advertisement

Ketua Panitia Kejurnas Letkol Deni Sukwara mengatakan, seluruh atlet berasal dari 31 pengprov PJSI se-Indonesia.

Para atlet akan bersaing di 16 kelas pertarungan dan dua nomor kata putra (Nage NO kata) dan putri (Ju No kata).

“Total peserta yang hadir termasuk ofisial, wasit,dan panitia sebanyak 420 peserta. Kami bersyukur bisa mendapatkan kepercayaan menjadi penyelenggara kejurnas junior 2014,” katanya pada pembukaan Kejurnas 2014, di Makassar, Sabtu (29/11/2014).

Advertisement

“Kejurnas ini masuk dalam hitungan poin untuk bisa tampil di PON Jawa Barat 2016. Artinya ini bukan hanya mencari prestasi namun juga upaya untuk bisa tampil di PON,” jelasnya.

Sekretaris Umum PJSI Sulsel Kompol Zainal Bustar, kejurnas 2014 ini juga dihadiri puluhan atlet pelatnas yang tidak tampil mewakili daerah masing-masing melainkan atas nama tim pelatnas SEA Game Singapura 2015.

“Para pejudo pelatnas akan membawa nama tim pelatnas di kejurnas senior. Keterlibatan sejumlah atlet pelatnas tentu saja akan semakin meningkatkan kualitas kejuaraan dan itu sesuai dengan harapan tuan rumah,” katanya.

Advertisement

Puluhan atlet pelatnas tersebut, kata dia, akan turun disejumlah nomor pertandingan kelas putra dan putri. Kejurnas senior 2014 mempertandingkan 16 nomor antara lain 55 kg, 60kg, 66kg, 73kg, 81kg dan kelas 100kg putra keatas. Sementara atlet putri pada kelas 45kg, 48kg, 52kg, 57kg, 63kg, dan kelas 78kg keatas.

Keterlibatan para atlet nasional di kejurnas dipercaya akan membuat kejuaraan semakin ketat. Kehadiran pejudo pelatnas juga diharapkan semakin memotivasi atlet lain untuk bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya di kejurnas.

“Kami tentu berharap kejurnas senior Makassar mampu melahirkan para pejudo terbaik sehingga bisa mengharumkan nama negara di ajang internasional,” jelasnya.

Advertisement

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi nawir, berharap dengan pelaksanaan kejurnas di Makassar akan memberikan pengaruh positif bagi perkembangan dan prestasi cabang olahraga judo di Sulsel kedepan.

Mengenai pencapain judo Sulsel khususnya di PON 2012 yang mengalami penurunan, dirinya berharap dengan pelaksanaan kejurnas ini menjadi momentum kebangkitan Sulsel pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat 2016.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif