Lifestyle
Sabtu, 29 November 2014 - 06:39 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Pelihara Usus Anda dengan Langkah Ini...

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sayuran dan buah-buahan (hqoboi.com)

TIPS HIDUP SEHAT : Pelihara Usus Anda dengan Langkah Ini…

Solopos.com, SOLO – Usus merupakan organ penting bagi sistem pencernaan. Bukan hanya itu, usus juga memainkan peranan penting menghilangkan racun dalam tubuh dan menyerap nutrisi penting dari makanan yang ditelan dari mulut. Karenanya, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan usus.

Advertisement

Menjaga kesehatan usus dapat dilakukan dengan memperhatikan pola makanan. Makanan yang kita konsumsi sangat mempengaruhi usus kita. Berikut ini beberapa tips yang dapat lakukan demi mejaga kesehatan usus sebagaimana dilansir Boldsky, Jumat (28/11/2014):

Menghindari Daging Berlemak
Daging tanpa lemak sering dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan. Bahan makanan ini dapat membantu pencernaan dan meningkatkan fungsi usus. Komposisinya yang kaya nutrisi membantu meningkatkan sistem kekebalan. Daging tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit dan ikan memberikan komposisi protein penting yang diperlukan untuk pencernaan dan menjaga kesehatan beberapa organ lain, termasuk perut, pankreas, dan hati.

Air
Air dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi dan mencegah penyakit. Sel-sel tubuh yang mendapatkan air cukup menjadi tidak rentan terhadap dampak dari radikal bebas. Selain itu, air dapat mengeluarkan racun dan membantu kinerja usus.

Advertisement

Serat tinggi
Mengonsumsi makanan dengan serat tinggi meningkatkan sistem pencernaan. Serat tinggi juga membantu menurunkan berat badan. Makanan ini memudahkan ekskresi, membantu mencegah sembelit, dan mengurangi tekanan pada usus. Beberapa makanan yang tinggi serat juga mengandung banyak nutrisi yang meningkatkan kesehatan usus.

Hindari Makan Berlebihan
Terlalu banyak makan menimbulkan banyak kerugian daripada yang Anda pikirkan. Hal ini dapat mengganggu pencernaan tubuh dengan melemparkan pelepasan enzim pencernaan dari gigi. Terlalu banyak dapat menjadi masalah di lambung Anda.

Perbanyak Makan Sayur dan Buah
Sudah menjadi rahasia umum jika buah-buahan dan sayuran adalah sumber nutrisi penting untuk meningkatkan kesehatan kinerja organ tubuh.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif