Lifestyle
Sabtu, 29 November 2014 - 22:45 WIB

SEKSUALITAS PRIA : 4 Cara Ini Bikin Sperma Sehat

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sperma (healthland.time.com)

Solopos.com, JAKARTA—Tak hanya kesehatan tubuh yang dijaga. Sperma pun perlu dijaga. Banyak kegiatan sehari-hari pria yang ternyata membahayakan kesehatan spermanya.

Sayangnya, hal tersebut tidak banyak disadari oleh mereka. Padahal, buruknya kesehatan sperma, berisiko menyebabkan infertilitas atau kemandulan.

Advertisement

Meski kasus kemandulan atau infertilitas juga disebabkan oleh riwayat keluarga, infeksi, maupun kondisi medis.

Sperma yang sehat tidak hanya ditentukan dengan jumlah sperma yang dihasilkan seorang lelaki, tapi lebih dari itu. Kesehatan sperma juga ditentukan oleh kuantitas, kualitas, dan gerakannya.

Berikut, bagaimana caranya agar sperma sehat, ini beberapa caranya sebagaimana dikutip Medical Daily:

1. Tidur yang cukup
Tidur cukup sangat disarankan untuk mengurangi risiko penyakit serius dari obesitas sampai depresi. Tentunya juga untuk menjaga kesuburan lelaki. Penelitian baru-baru ini yang dilakukan University of Southern Denmark menganalisis pola tidur 953 laki-laki Denmark berusia 20-an awal.

Advertisement

Peneliti juga mengukur ukuran testis dan mengumpulkan sperma peserta untuk dianalisis jumlah dan motilitasnya (kemampuan gerak aktif dan spontan). Lelaki yang melaporkan kurang tidur atau mengalami gangguan tidur rata-rata memiliki jumlah sperma dan kadar testosteron yang rendah, serta ukuran penis yang lebih kecil dibandingkan lelaki yang mendapatkan tidur cukup setiap harinya.

2. Jauhkan laptop saat Tidur
Di zaman yang serba up-to-date ini semua urusan rasanya ingin selalu menjadi prioritas dan harus segera diselesaikan. Wajar jika banyak orang yang tak bisa lepas dari genggaman smartphone ataupun laptop. Bagi lelaki, kebiasaan ini ternyata bisa mengancam kesuburannya.

Sebuah penelitan yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility menujukkan hubungan antara koneksi Wi-Fi dengan kesuburan lelaki. Peneliti dari Argentina ini mengumpulkan 29 sampel sperma dari lelaki sehat yang rutin meletakkan laptop terkoneksi Wi-Fi di pangkuan mereka selama kurun waktu 4 jam. Selain faktor suhu yang diakibatkan oleh laptop yang “panas” saar digunakan, radiasi yang dipancarkan dari koneksi Wi-Fi bisa menyebabkan kerusakan DNA dan sperma kurang gesit.

Advertisement

3. Kenakan boxer anti radiasi
Jika beberapa lelaki mengabaikan kesehatan saat menggunakan laptop dan smartphone terlalu dekat, sebuah boxer ini bisa melindungi organ intim Anda.

Boxer ini diklaim efektif melindungi bagian depan dan belakang organ reproduksi laki-laki dari radiasi yang berbahaya. Bahkan, setelah dilakukan pengujian oleh FCC-sebuah laboratorium independen bersertifikat, dikonfirmasi bahwa boxer RadiaShield ini 99,9 persen efektif dapat menjaga kualitas, kuantitas, dan gerakan sperma Anda.

4. Jangan gunakan celana terlalu ketat

Pemakaian celana terlalu ketat juga bisa menghambat kesehatan sperma pria. Selain itu usahakan hindari kegiatan yang memberatkan dan menekan bagian genital Anda yang bisa menekan sirkulasi darah dan membuat infertilitas. (Medical Daily)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif