Teknologi
Sabtu, 29 November 2014 - 10:15 WIB

PENEMUAN BARU : Inilah Bentuk Komputer Tertua di Dunia Berusia 1.500 Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Komputer tertua di dunia (Ibtimes.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Fragmen perungu berkarat Antikythera, komputer tertua di dunia berhasil ditemukan.

Setelah diteliti, ilmuwan memperkirakan alat tersebut ternyata lebih tua 100 tahun dari dugaan sebelumnya.

Advertisement

Peneliti Argentina menemukan, prediksi kalender gerhana matahari yang tercantum pada bagian belakang perangkat tersebut terjadi pada tanggal 12 Mei 205 SM.

Sebelumnya, peneliti menduga radiokarbon dari mekanisme alat tersebut dibuat pada kisaran tahun 150 SM, tapi nyatanya perangkat tersebut berumur lebih tua hingga 150 tahun.

Penelitian yang dilakukan oleh National University of Quilmes, Argentina, mengatakan proses komputer kuno dalam memprediksi gerhana adalah aritmatika Babel, trigionometri khas Yunani kuno.

Advertisement

Mekanisme Antikythera sangat kompleks, terdiri hingga 40 roda perunggu dan gigi yang digunakan pada zaman kuno untuk meramal siklus tata surya.

Sebagaimana diberitakan Daily Mail, Jumat (28/11/2014), Antikythera ditemukan pada tahun 1.900 dari kapal Antikythera, kapal kargo Romawi yang karam di lepas pulau Yunani Antikythera.

Komputer tersebut dapat melacak gerakan Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Peneliti mampu membaca semua nama bulan 19 tahun ke belakang dengan alat tersebut.

Advertisement

Sebagaimana tulisan yang tertera dalam perangkat tersebut, ilmuwan menduga jika komputer Antikythera terkait erat dengan Archimedes. Namun, Archimedes dibunuh pada tahun 212 SM, sedangkan kapal diyakini tenggelam antara 85 hingga 60 SM.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif