Teknologi
Sabtu, 29 November 2014 - 02:40 WIB

PAMERAN KOMPUTER SOLO : Pekan Depan Apkomindo Solo Pameran

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunjung memadati stan-stan penjualan saat digelar pameran komputer Apkomindo Solo Computer Bazar 2014 di Diamond Solo Convention Center (DSCC), Minggu (10/8/2014). Pameran lima hari tersebut mengusung tema Membangun Negeri dengan Teknologi, Panitia penyelenggara menggandeng sekitar 29 vendor, 19 di antaranya adalah vendor utama. (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO—Asosiasi pengusaha komputer Indonesia (Apkomindo) Solo siap memanjakan konsumen dengan menyelenggarakan Pameran Apkomindo Year End Sale (YES) 2014 di Diamond Solo Convention Center (DSCC), Rabu-Minggu (3-7/12/2014) pukul 10.00 WIB-21.00 WIB.

Pameran akhir tahun dengan slogan Teknologi ke Depan Harga Angkringan itu akan diikuti 82 stan dari 32 vendor komputer dan smartphone, lembaga pembiayaan, dan provider.

Advertisement

Seperti Lenovo, Asus, Acer, Axio, Toshiba, Samsung, Sony, dan lain-lain. Mereka memasang harga tiket masuk Rp4.000 setiap hari.

Pameran komputer dan smartphone selama lima hari itu menargetkan 60.000 pengunjung.
Mereka optimistis mampu mencapai target pengunjung maupun penjualan karena calon konsumen menanti momen akhir tahun.

“Ini momen sejumlah toko melakukan cuci gudang. Mereka memasang harga miring dan pasti ada diskon. Biasanya belanja produk IT itu lebih banyak pada akhir tahun. Rata-rata lembaga, instansi, dan perorangan akan beli,” kata Ketua Panitia Pameran Apkomindo YES 2014, Nova Milyard, saat ditemui wartawan di salah satu restoran di Jl. Slamet Riyadi, Jumat (28/11/2014).

Advertisement

Oleh karena itu Nova tidak malu mengakui bahwa Pameran Apkomindo YES dimanfaatkan untuk menutup target penjualan hingga akhir 2014.

Dia menjelaskan tren penjualan produk pada pameran komputer menunjukkan nilai positif pada kuartal 3 dan 4 setiap tahun.

Bahkan nilai transaksi mampu mencapai 200% dibanding pameran sebelumnya. “Harga produk saat pameran itu kompetitif. Kami sangat berharap menambah omzet selama 1 tahun pada akhir tahun. Pameran akhir tahun ini efektif mengejar target penjualan selama setahun. Rata-rata penjualan saat
pameran menyumbang omzet 40% bagi toko,” imbuh dia.

Advertisement

Kepala Bidang Perdagangan Apkomindo, Sahrial Amri, memprediksi smartphone masih menjadi primadona. Hal itu wajar terjadi karena komposisi produk yang ditawarkan pada pameran didominasi smartphone.

Amri –sapaan akrab Sahrial Amri- menjelaskan sebanyak 50% produk pameran diisi smartphone dan sisanya merata untuk printer, laptop, LCD proyektor, dan lain-lain.

Dia juga memastikan setiap stan akan memberikan promo dan potongan harga. Namun dia tidak dapat memprediksi besaran diskon di setiap stan.

“Kami akan memberikan hadiah undian laptop, tablet, dan smartphone. Seri baru smartphone, notebook, dan lain-lain ada tapi belum ada jenis baru. Barang tersedia. Instansi dan lembaga akan mencari notebook dan LCD proyektor sedangkan smartphone dilirik mahasiswa, pelajar, dan perorangan. Smartphone ramai tetapi bukan berarti pasar laptop turun,” jelas dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif