Jateng
Sabtu, 29 November 2014 - 09:50 WIB

KECELAKAAN LALU LINTAS : Taat Aturan, Jumlah Korban Meninggal di Kudus Menurun

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Polisi Polres Bantul mengangkut sepeda motor korban kecelakaan tunggal yang tergeletak di pinggir selokan Jalan Parangtritis kilometer 5,3, Kecamatan Sewon, Rabu (26/11/2014). (Harian Jogja/Endro Guntoro)

Ilustrasi kecelakaan. (Harian Jogja/Endro Guntoro)

Kanalsemarang.com, KUDUS– Jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, selama Januari-Oktober 2014 tercatat enam orang atau turun dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 48 orang.

Advertisement

“Adapun jumlah kasus kecelakaan selama Januari-Oktober 2014 tercatat 415 kasus dengan korban meninggal enam orang dan luka ringan 573 orang,” kata Kasat Lantas Polres Kudus AKP Billy Andha Hildiario Budiman seperti dikutip Antara, Jumat (28/11/2014).

Dari ratusan kasus kecelakaan tersebut, korban meninggal akibat kecelakaan terjadi pada bulan Januari 2014 tercatat ada dua orang, April 2014 tercatat satu orang dan Juni 2014 tercatat tiga orang.

Sementara jumlah korban yang mengalami luka berat selama Januari hingga Oktober 2014 nihil.

Advertisement

Kecelakaan yang terjadi selama ini didominasi pengendara sepeda motor yang mencapai 586 sepeda motor, sedangkan kendaraan pribadi tercatat hanya 46 kendaraan, sedangkan mobil beban tercatat 99 kendaraan.

Dari sisi usia, kecelakaan yang terjadi di Kabupaten Kudus didominasi usia antara 16-25 tahun dengan jumlah mencapai 532 kasus, sedangkan usia 26-30 tercatat hanya 40 kasus dan usia 31-40 hanya 81 kasus.

Untuk menekan angka kecelakaan tersebut, kata dia, dibutuhkan dukungan masyarakat, terutama para pengendara untuk menaati tata tertib berlalu lintas.

Advertisement

Upaya meningkatkan kepatuhan pengendara yang dilakukan oleh Satlantas Polres Kudus, di antaranya lewat sosialisasi tertib berlalu lintas yang selama ini sering digelar di sekolah-sekolah serta masyarakat umum.

Operasi tertib lalu lintas yang digelar selama ini, dianggap bagian dari upaya mengingatkan masyarakat agar tertib berlalu lintas.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif