Sport
Sabtu, 29 November 2014 - 03:30 WIB

BALLON D’OR 2014 : Jagokan Pemain Jerman, Platini Dikecam

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Michael Platini mendapat kecaman sejumlah pemain karena menjagokan pemenang Ballon d'Or. Ist/bbc.com

Solopos.com, MUNICH— — Presiden asosiasi sepak bola Eropa (UEFA), Michel Platini, menuai kecaman pedas menyusul dukungan yang ia berikan kepada pemain Timnas Jerman dalam perebutan gelar FIFA Ballon d’Or 2014.

Platini mengungkapkan trofi bergengsi FIFA Ballon d’Or selayaknya diberikan kepada pemain dari tim juara Piala Dunia 2014. Eks bintang Juventus dan Timnas Prancis itu menyebut hal yang sama telah ia kemukakan empat tahun silam pada saat Timnas Spanyol menjuarai Piala Dunia 2014.

Advertisement

Namun, hal itu sontak membuat Real Madrid jengah. Skuat klub raksasa Spanyol itu menganggap tidak ada yang lebih pantas memenangi gelar pemain terbaik dunia pada tahun ini selain megabintang mereka, Cristiano Ronaldo.

Hal itu salah satunya dilontarkan bek Madrid, Alvaro Arbeloa. Bek 31 tahun itu menilai apa yang dilontarkan Platini tidak pada tempatnya. “Dengan segala rasa hormat, saya tida bisa memahami Presiden UEFA mengungkapkan opini personal dalam hal seperti ini atau memosisikan diri seperti apa yang ia lakukan. Pemenang Ballon d’Or tahun ini [2014] telah merujuk kepada nama yang pasti [Ronaldo],” ujar Arbeloa dilansir as.com, Jumat (28/11/2014).

Pembelaan yang sama dilakukan bek Madrid lainnya, Fabio Coentrao. Coentrao yang juga tidak lain adalah rekan satu tim Ronaldo di Timnas Portugal mengatakan tidak ada alasan mendasar meminggirkan Ronaldo setelah apa yang ia lakukan di ajang Liga Champions musim lalu.

Advertisement

Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak di ajang bergengsi Eropa itu ketika mengemas 17 gol pada musim 2013/2014. Rekor itu pula yang membuat pemain berjuluk CR7 tersebut dinilai paling berhak merebut Ballon d’Or 2014. Terlebih pada musim yang sama, Madrid sukses menggondol gelar Liga Champions dalam genggaman mereka.

“Terlepas dari apa pun yang mereka [UEFA] lakukan, hal itu tidak akan mengubah fakta di mana publik dunia telah menyaksikannya. Itu adalah rekor yang fantastis [mengukir 17 gol di Liga Champions],” ujar Coentrao.

“Seperti dikatakan pelatih kami [Carlo Ancelotti], mari berbicara Ballon d’Or tahun depan [2015] karena untuk tahun ini, gelar itu hanya layak dimiliki Ronaldo. Sangat sulit untuk mengabaikan apa yang telah dicapai Ronaldo pada 2014,” lanjutnya.

Advertisement

Sebelumnya, Platini mengungkapkan penghargaan Ballon d’Or pada saat Piala Dunia digelar selayaknya diberikan kepada pemain dari tim juara dunia. “Banyak pemain layak memenangi Ballon d’Or, namun menurutku, saat Piala Dunia digelar kehormatan itu seharusnya diberikan kepada pemenang Piala Dunia,” kata Platini dilansir espnfc.com. (Triyono/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif