News
Jumat, 28 November 2014 - 22:22 WIB

REKOR MURI : Mahasiswa UMY Buat Pita Merah HIV/AIDS Raksasa

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mahasiswa antusias menempelkan pita untuk membuat rangkaian pita HIV/AIDS raksasa. (JIBI/Harian Jogja/Humas UMY)

Harianjogja.com, BANTULMuhammadiyah Medical Student Activities Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (MMSA UMY) kembali memecahkan rekor MURI, kali ini dengan membuat rangkaian pita merah HIV/AIDS terbesar se-Indonesia. Pita AIDS berukuran 3×5 meter tersebut terbuat dari rangkaian 11.214 pita. Pita tersebut dibuat untuk memperingati hari AIDS sedunia yang jatuh pada 1 Desember mendatang.

Ketua Pelaksana, M. Prakasa Wicaksono menuturkan puluhan ribu pita itu disusun civitas akademika UMY yang datang di sekitar lokasi. Hal itu sebagai bentuk sosialisasi akan bahayanya HIV/AIDS kepada masyarakat khususnya para civitas akademika UMY. Jumlah pita yang digunakan dalam kegiatan itu pun sengaja dibuat spesial agar sesuai dengan hari AIDS sedunia tahun ini.

Advertisement

“Jumlah pita kecilnya 11.214, karena hari aids 11 Desember 2014,” jelas Wicaksono saat ditemui di lokasi pemecahan rekor yang digelar di Lobby gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY, Jumat (28/11/2014) seperti dikutip dari rilis yang Harianjogja.com terima.

Wicaksono menjelaskan, selain menyusun pita, mahasiswa yang berada di sekitar lokasi pita HIV/AIDS mendapatkan penjelasan tentang penularan salah satu penyakit paling mematikan di dunia itu. Sebab menuturnya saat ini masih banyak stigma kepada pasien HIV/AIDS yang muncul karena informasi keliru yang beredar di masyarakat seperti takut berdekatan dengan penderita HIV/AIDS.

Dalam dua tahun terakhir MMSA UMY telah dua kali melakukan pemecahan rekor MURI. Bulan Agustus 2013 lalu para mahasiswa kedokteran itu tercatat memecahkan rekor dengan mengenalkan autisme melalui penataan kubus bergambar pita autisme dari 22.000 puzzle.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif