News
Jumat, 28 November 2014 - 13:15 WIB

PERTAHANAN NEGARA : TNI dan Polri Kembali Satukan Pendidikan Taruna di Magelang

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi apel pasukan TNI dan Polri (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Moeldoko melaporkan kepada Presiden Joko Widodo bahwa hubungan TNI-Polri berjalan baik. Kedua lembaga militer bersepakat untuk menyatukan para pendidikan dasar tarunanya di Magelang.

“Kami bersepakat dengan Kapolri kita membuat sebuah proyeksi ke depan, agar para taruna TNI-Polri nantinya akan kita satukan kembali di Magelang pada saat pendidikan dasar keprajuritan enam bulan,” kata Moeldoko saat paparan dalam pengarahan presiden kepada Pangkotama di Istana Negara Bogor, Jumat (28/11/2014).

Advertisement

Penyatuan tersebut diharapkan bisa terbangun harmoni dan pemahaman saat menjalankan tugas. Psikologi telah terbangun dari awal. Sebelumnya hubungan TNI-Polri diwarnai keributan antara anggota Brimobda Kepulauan Riau dan anggota TNI AD yang berujung baku tembak dan perusakan mako Brimob.

Moeldoko menyatakan telah melakukan penataan organisasi dengan membentuk komando gabungan wilayah pertahanan. Ia mengusulkan atas pembentukan tiga komando gabungan pertahanan.

“Hanya menunggu keputusan Bapak Presiden. Mohon kiranya bisa membuat keputusan atas terbentuknya tiga komando wilayah pertahanan,” katanya.

Advertisement

Pembangunan dan pembentukan organisasi, TNI akan membentuk Kodam Manado dan Papua serta membentuk divisi 3 kostrad. TNI AL akan dibentuk satu komando armada yakni armada tengah. Koops AU ditambah satu yakni Koops AU 3.

Untuk memenuhi doktrin sistem pertahanan negara, maka setiap Kepala Staf Angkatan nanti akan ada Asisten Teritorial yang selama ini hanya di Angkatan Darat. Ini pertimbangan signifikan untuk diadakan.

Rencana pembentukan renstra, kemampuan TNI kedepan akan dievaluasi. TNI akan bangun kesra prajurit untuk ? 2015-2019 berharap ada proyeksi perumahan prajurit, rumah sakit, sistem penggajian, dan peningkatan pendidikan bagi prajurit TNI.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif