News
Jumat, 28 November 2014 - 07:01 WIB

BURSA SAHAM : Bursa Eropa: Indeks Stoxx 600 Melejit Terdorong Ekonomi Jerman

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pialang beraktivitas di galeri bursa saham Frankfurt, Jerman,(JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Solopos.com, JAKARTA — Bursa saham Eropa naik ke level tertinggi dalam dua bulan terakhir saat indeks DAX kembali naik setelah angka pengangguran Jerman mencapai titik terendah. Meski demikian, saham-saham perusahaan energi mengalami pelemahan terbesar dalam delapan pekan setelah OPEC memutuskan tidak akan mengurangi produksi minyak dunia.

Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,4% ke 347,49 pada penutupan Kamis (27/11/2014). Indeks DAX Jerman naik 0,6% dan merupakan reli terpanjang sejak Mei 2013.

Advertisement

Angka pengangguran di Jerman saat ini hanya 6,6% atau sesuai prediksi para ekonom. Hal ini menunjukkan kepercayaan bisnis sedang tumbuh di negara itu. Tak hanya itu, ekonomi Eropa juga di luar dugaan tumbuh positif bulan ini.

“Angka pengangguran Jerman ini adalah tanda positif. Ekonomi sedang lebih aik dan kekhawatiran berkurang,” kata Raimund Saxinger dari Frankfurt-Trust Investment seperti dikutip Bloomberg.

Melemahnya nilai euro justru menguntungkan para eksportir sehingga memicu penguatan indeks DAX ke level tertinggi sejak Juli 2014.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif