Jogja
Jumat, 28 November 2014 - 14:20 WIB

Abdi Dalem Palsu Mengaku Bisa Gandakan Uang Lewat Bank Gaib

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi barang bukti perjudian. (JIBI/Solopos/Dok.)

Harianjogja.com, JOGJA- Abdi dalem palsu yang melakukan penipuan hingga Rp35 juta berkedok penggandaan uang melalui bank gaib.

Tersangka penipuan ini adalah Gus Matori Abdul Majid alias Agus, warga Tamanan, Banguntapan, Bantul. Ia ditangkap Polsekta Kraton karena diduga telah menipu Yanto Kristiyono, 37, warga Bandung, Jawa Barat, dengan kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Advertisement

Agus berdalih nekat menipu korban karena kepepet untuk biaya hidup. Ayah dari dua anak ini mengaku memiliki utang dan tanggungan biaya anak istri. Sementara usahanya belum menghasilkan keuntungan.

Akhirnya saat kenal dengan korban yang dikenalnya sebagai pengusaha di Bandung, Agus mengajak berbisnis, namun korban tak tertarik. Tersangka kemudian mengaku sebagai abdi dalem Kraton.

Korban pun percaya dan menganggap tersangka sebagai guru. “Saya sudah dua bulan kenal dengan korban,” kata Agus, di Mapolsek Kraton, Kamis (27/11/2014).

Advertisement

Agus pun memanggil korban untuk datang ke Jogja dan menjanjikan akan mendatangkan uang Rp80 miliar. Agus juga mengaku dalam ritual mengambil uang di bank gaib ia dibantu oleh gurunya lagi di Kraton.

Agus mengaku kenal istilah bank gaib tersebut dari teman yang dia kenal. Ia mengaku masih melakukan ritual untuk mendapatkan uang dari bank gaib yang diklaimnya ada.

“Saat ini saya kepepet punya utang, anak dua butuh biaya. Saya terpaksa ambil uang korban tak jadikan modal usaha,” ujarnya.

Advertisement

Kanit Reserse Kriminal Polsekta Kraton Iptu Bambang Sunaryo menduga, aksi penipuan yang dilakukan tersangka bukan sekali saja, namun ada korban lainnya yang enggan melapor. Hal itu juga berdasarkan pengakuan tersangka yang pernah melakukan aksi serupa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif