Lifestyle
Kamis, 27 November 2014 - 12:15 WIB

TIPS KESEHATAN : Hati-Hati! Lipstick Berefek Negatif

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi memulas lipstik sesuai warna bibir (magforwomen.com)

Solopos.com, SOLO – Sebagai seorang wanita tentu ingin selalu tampil menarik. Salah satu make-up paling umum digunakan untuk mempercantik diri adalah lipstick. Penggunaan lipstick dianggap sebagai cara singkat mendapatkan bibir lebih menarik.

Tapi tahukah Anda di balik warnanya yang menawan, lipstick ternyata memiliki kandungan yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan? Simak beberapa efek buruk lipstick sebagaimana dilansir Boldsky, Rabu (26/11/2014):

Advertisement

Risiko Kerusakan Organ
Penelitian menunjukkan lipstick mengandung kromium, kadmium, dan magnesium. Hal ini akan meningkatkan risiko penyakit berbahaya dan kerusakan organ. Tingginya kadar kadmium akan menyisakan bekas di ginjal sehingga berakibat gagal ginjal. Menerapkan lipstick berkali-kali sepanjang hari dapat menyebabkan tumor perut.

Kerusakan Otak
Sebagian besar lipstick memiliki kandungan timbal tinggi. Timbal adalah neurotoksin yang dapat mempengaruhi sistem saraf. Kandungan ini juga dapat menyebabkan kerusakan otak dan ketidakseimbangan hormon dan infertilitas.

Gangguan Sistem Reproduksi
Petrokimia adalah bahan berbahaya lain yang digunakan pada pembuatan lipstik. Petrokimia adalah bahan kimia yang terbuat dari minyak mentah dan gas alam. Penggunaan kandungan ini dapat menyebabkan gangguan endokrin yang mengganggu pertumbuhan, reproduksi, dan kecerdasan.

Advertisement

Menutup Pori-Pori
Kandungan formalin yang ada pada lipstick dapat menutup pori-pori. Kebanyakan lipstick mengandung bahan berbahaya ini.

Jangan mudah tergiur dengan harga lipstick yang murah berkualitas rendah di pasaran. Jangan gunakan lipstick terlalu berlebihan. Cobalah menggunakan lipstick buatan sendiri demi kesehatan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif