Jogja
Kamis, 27 November 2014 - 14:20 WIB

Bantuan untuk Lansia Terlantar di Gunungkidul, Kapan Cair?

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Lansia (JIBI/dok)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Organisasi Sosial (Orsos) Ngudi Mulyo menunggu pencairan Jaminan Sosial Lanjut Usia Terlantar (JSLUT) untuk 49 warga lanjut usia di Desa Pulutan, Kecamatan Wonosari.

Ketua Orsos Ngudi Mulyo Tumijo mengungkapkan, program tersebut merupakan program dari Kementerian Sosial. Menurutnya, dari 90 nama yang diajukan, hanya 49 yang disetujui.

Advertisement

“Namun, sampai saat ini kami belum mendapatkan kabar kapan akan cair,” ujar dia kepada Harian Jogja ketika ditemui di Sekretariat Orsos Ngudi Mulyo di Dusun Butuh, Desa Pulutan, Kecamatan Wonosari, Rabu (26/11/2014).

Tumijo mengatakan, kabar pencairan selalu berubah-ubah. Menurutnya, pemerintah menjanjikan akan cair setelah pemilu, namun diundur lagi setelah pilpres. Sayangnya, hingga kini belum ada kabar lebih lanjut mengenai pencairan tersebut.

“Setiap orang mendapatkan jaminan sebesar Rp150.000 selama enam bulan,” imbuh dia.

Advertisement

Tumijo berharap, jaminan tersebut segera cair sehingga bisa segera disalurkan kepada warga yang menjadi sasaran. Ada pun kriteria warga yang mendapatkan jaminan yakni warga lanjut usia yang sudah tidak mampu bekerja.

Meskipun masih memiliki keluarga, namun hanya bisa memenuhi kebutuhan dengan sederhana.

Sementara, Kabid Sosial Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Gunungkidul Suyatmiatun mengungkapkan, program tersebut sudah ada sejak lama.

Advertisement

“Untuk pencairan, kami tidak tahu-menahu karena langsung dikirim ke rekening organisasi. Tidak melalui Dinsosnakertrans,” ujar dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif