News
Kamis, 27 November 2014 - 19:40 WIB

Arjuna UGM Juara Kompetisi Mobil Listrik

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rektor UGM Coba Mobil Listrik Arjuna, Rabu (26/11/2014). (Gigih M. Hanafi/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, SLEMAN – Arjuna, seperti kita kenal pada kisah cerita Mahabharata adalah tokoh dari anggota Pandawa yang memiliki paras menawan dan berhati lemah lembut. Namun berbeda dengan ‘Arjuna’ yang satu ini, ia tampil garang sehingga mampu mengalahkan lawan-lawannya dalam ‘perang’ Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) pada 14-16 November lalu di Politeknik Negeri Bandung.

Mobil listrik buatan 16 mahasiwa UGM dari prodi teknik mesin, Fakultas Teknik dan prodi Elektronika dan Instrumentasi, Fakultas MIPA berhasil meraih juara 1 untuk kategori kecepatan. Mobil yang dirakit selama 6 bulan ini dinobatkan sebagai mobil listrik tercepat karena berhasil mengalahkan 23 mobil listrik buatan mahasiswa dari 19 perguruan tinggi lain.

Advertisement

Mobil Arjuna UGM ditetapkan sebagai juara setelah mampu menempuh jarak 10 kilometer dalam 12 menit 32 detik. Mobil yang memiliki kecepatan 60 km/jam ini dirakit dengan menghabiskan dana sebesar Rp37,5 juta, meski begitu mobil ini juga berhasil membawa pulang  prestasi juara ketiga untuk kategori efisiensi.

Moch. Ryan Ardiansyah, selaku ketua Tim Arjuna UGM, mengatakan Mobil Listrik Arjuna UGM dalam kompetisi tersebut  merupakan satu-satunya mobil dengan catatan finish 12 menit untuk 10 lap atau sekitar 10 km.

“Mobil ini memecahkan rekor mobil tercepat sepanjang 6 kali kompetisi ini dilaksanakan,” kata Ryan.

Advertisement

Seperti diketahui Kompetisi Mobil Listrik Indonesia rutin diselenggarakan setiap tahun, kompetisi tahun ini diikuti 23 tim dari 19 perguruan tinggi diantaranya UGM, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan Universitas Islam Indonesia. Kompetisi ini bertujuan untuk menarik minat mahasiswa dalam pengembangan inovasi mobil listrik.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif