Teknologi
Rabu, 26 November 2014 - 11:30 WIB

PENEMUAN BARU : Situs Makam Bersejarah Berusia 1.700 Tahun Ditemukan di Tiongkok

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Situs pemakaman berusia 1.700 tahun di Tiongkok (Acient Origin)

Solopos.com, SOLO – Sebuah situs permakaman berusia 1.700 tahun ditemukan di sepanjang jalan sutra, rute perdagangan kuno yang terhubung antara Tiongkok ke Romawi. Kuburan tersebut ditemukan di kota kuno, Kucha. Sepuluh makam telah digali, tujuh di antaranya ternyata memiki struktur bata besar.

Salah satu makam yang dijuluki M3 terukir beberapa makhluk mitos mewakili empat musim yang berbeda, yakni macan putih dari barat, burung vermilion dari selatan, kura-kura hitam dari utara dan naga dari timur.

Advertisement

“Makam M3 adalah berupa gundukan permakaman, jalan, gerbang, dinding, dan ruang permakaman,” ujar peneliti dalam sebuah makalah yang diterbitkan baru-baru ini.

Dilansir NBC News, Selasa (25/11/2014), pemakaman ini kali pertama ditemukan tahun 2007 dan digali oleh Institut Xinjiang dnegan bantuan pemerintah setempat. Tim peneliti yang dipimpin oleh Zhiyong Yu menerbitkan temuan mereka dalam bahasa Tiongkok dalam jurnal Wenwu. Baru-baru ini jurnal tersebut diterjemahkan ke bahasa Inggris dan diterbitkan dalam jurnal Peninggalan Budaya Tiongkok.

Identitas orang yang dimakamkan di permakaman tersebut masih menjadi misteri. Pemakaman tersebut telah dirampok di masa lalu. Tidak ada tulisan yang menunjukkan nama-nama mereka yang dikubur atau posisi mereka dalam kehidupan bermasyarakat.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif