Teknologi
Rabu, 26 November 2014 - 08:54 WIB

PENEMUAN BARU : Arkeolog Temukan Pemukiman Kuno Pompei di Bawah Laut

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Arkeolog temukan 16 tembikar pemukiman Pompei di dasar laut (Daily Mail)

Solopos.com, SOLO – Arkeolog berhasil menemukan sisa-sisa pemukiman kuno Pompei lengkap dengan tembikar yang telah hancur di dasar laur Aegean, pulau kecil di Delos, Yunani. Arkeolog menemulan 16 wadah tembikar tertanam di dasar laut.

“Di masa lalu reruntuhan ini diidentifikasi sebagai pelabuhan,” ujar salah satu perwakilan kementerian budaya Yunani sebagaimana dilansir Daily Mail, Senin (24/11/2014).

Advertisement

Penyelidikan ini dilakukan oleh National Hellenic Research Foundation and the Ephorate of Undersea Archaeology. Mereka mengungkapkan berapa karya tembikar dan bangunan lainnya pernah berdiri di situs tersebut. Menurut beberapa arkeolog, penemuan tersebut mungkin bagian dari pemukiman manusia di pantai.

Elemen struktur tiang dan dinding ditemukan di sepanjang garis pantai. Batu-batu besar yang ditemukan yang diidentifikasi sebagai bagian dari pemecah gelombang yang biasa digunakan untuk mengurangi kekuatan gelombang kuat air laut yang dapat merusak pemukiman.

Reruntuhan karya manusia di masa lalu itu tetap terpelihara dengan baik di dasar laut. Penelitian lebih lanjut segera dilakukan pada penemuan ini dan diharapkan akan menambah informasi baru mengenai peran pulau tersebut selama periode Romawi kuno.

Advertisement

Tiang dan dinding peninggalan Pompei yang ditemukan di dasar laut (Daily Mail)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif