News
Selasa, 25 November 2014 - 07:15 WIB

REKTOR UGM : Berikut yang Ingin Dilakukan Dwikorita

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dwikorita Karnawati (www.ugm.ac.id)

Harianjogja.com, SLEMAN-Saat dilantik sebagai Rektor baru Universitas Gadjah Mada (UGM), Dwikorita Karnawati memaparkan sejumlah visi misi selama menjalankan tongkat estafet kepemimpinan di kampus tersebut. Apa saja itu.

Dalam sambutan pelantikan sebagai rektor pengganti, Dwikorita menyadari tantangan besar sudah menanti dirinya untuk meneruskan tugas-tugas Pratikno yang harus mundur karena menjabnat Menteri Sekretaris Negara.

Advertisement

Tantangan secara nasional yang jelas sudah terlihat adalah adanya perubahan bentuk Kementerian Pendidikan menjadi Kemeterian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Disamping itu, Dwikorita membeberkan peningkatan daya saing civitas akademika menjadi konsep yang akan dia laksanakan untuk meneruskan kerangka kerja yang sudah dirintis Pratikno selama ini.

“Yang jelas saya ingin mengupayakan produk-produk  penelitin kita jangan hanya cuma menjadi buku tapi harus bisa diterapkan di industri guna mendukung kebijaksanaan pemerintah,” paparnya.

Advertisement

Dia juga akan mengubah konsep penelitian seperti yang selama ini belum tergali secara optimal. Ke depan, penelitian-penelitian harus dilakukan bersumber dari harapan publik. Peneliti tidak diperkenankan asal melakukan penelitian sesukanya saja.

“Sehingga penelitian tidak berdasar ego yang asal-asalan tapi atas kepentingan publik. Kami ingin mengubah budaya itu. Penelitian pun harus dikonsep dengan maping yang benar-benar dipersiapkan serius sehingga manfaatnya kepada publik jelas,” terangnya.

Selanjutnya eks Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni itu berkomitmen untuk menegakkan nilai-nilai inovatif dan berakar kuat pada keragaman bangsa.

Advertisement

“Kami ajak pihak-pihak di sini untuk bersama dalam mengemban tridharma sehingga ciri UGM sebagai universitas berkebangsaan tetap terpelihara dengan baik,” jelas wanita kelahiran Jogja, 6 Juni 1963 itu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif