Sport
Selasa, 25 November 2014 - 17:43 WIB

PIALA AFF 2014 : FILIPINA VS INDONESIA : Menit 79, Bola Cocoran Robert Gier Ubah Kedudukan 4-0. Mau Jadi 5-0?

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

 

Harianjogja.com, HANOI — Filipina terus menambah pundi gol ke gawang Indonesia pada laga penyisihan di Grup A Piala AFF 2014 di My Dinh National Stadium, Selasa (25/11/2014), Live RCTI.

Advertisement

Hingga menit 79, Indonesia tertinggal 4-0. Gol keempat Filipina dicetak Robert Gier melalui bola cocoran usai terjadi kemelut di depan gawang Kurnia Meiga.

Sebelumnya pada menit 73, Indonesia telah tertinggal 3-0, melalui gol Martin Steuble.

Advertisement

Sebelumnya pada menit 73, Indonesia telah tertinggal 3-0, melalui gol Martin Steuble.

Gol Martin Steuble terjadi setelah Zulkifli Syukur melakukan kesalahan dengan menahan bola dengan badannya di kotak penalti. Wasit yang memimpin jalannya laga memberi aba-aba tendangan tidak langsung, akan tetapi para pemain Indonesia gagal memahami. Alhasil, tidak ada satu pun pemain Indonesia yang siap untuk menahan bola. Kedudukan 3-0 untuk Filipina.

Pada menit 73, Indonesia terpaksa bermain dengan 10 pemain setelah Rizki Pora diganjar kartu merah oleh wasit. Rizki terbukti menjatuhkan Younghosband.

Advertisement

Pada 45 menit babak pertama, Indonesia tertinggal 1-0 melalui P Younghusband melalui titik putih, setelah Firman Utina menjatuhkan Bahadoran di kotak terlarang pada menit 15. P Younghusband yang mengekseksi tendangan penalti berhasil menempatkan bola tepat di tengah gawang Kurnia Meiga.

Tertinggal 1-0 dari Filipina tidak banyak perubahan yang ditunjukkan dari permainan Indonesia. Lini tengah Indonesia kerap kali kehilangan bola dan gagal menyusun serangan.

Bahkan, ritme permainan dari kedua kesebelasan diambilalih Filipina. Indonesia hanya bisa mengandalkan serangan balik dan selalu kandas saat berhadapan dengan rapatnya lini belakang Filipina.

Advertisement

Kondisi ini sangat berbeda dengan penampilan Indonesia di awal babak pertama, di mana Indonesia langsung tampil menekan pertahanan Filipina. Beberapa kali Indonesia berhasil merepotkan lini belakang Filipina.

Peluang pertama tercipta melalui kaki Zulkifli Syukur yang mengambil tendangan bebas pada menit 3, serangan tersebut berbuah kemelut di depan gawang Filipina, sayang gagal dimanfaatkan menjadi gol.

Namun serangan Indonesia tersebut tidak bertahan lama, memasuki menit kelima, giliran Filipina mengambil alih permainan. The Azkals lebih banyak memainkan permainan bola pendek, dan beberapa kali mendapatkan peluang melalui kaki Reichelt.

Advertisement

Susunan Pemain

FILIPINA : Patrick Deyto, Simone Rota, Juan Guirado, Amani Aguinaldo, Daisuke Sato, Jerry Lucena, Manuel Ott, Patrick R, Martin Steuble, Misagh B, P Younghusband
INDONESIA : Meiga, Jufriyanto, Roby, Rizky R, Zulkifli, Firman (c), Maitimo, Z. Zamrun, Ridwan, Samsul, van Dijk.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif