Jogja
Selasa, 25 November 2014 - 23:40 WIB

KENDARAAN WISATA KRATON : Yah, Satu Unit Hanya Berkapasitas 8 Orang

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi parkir di Alun-alun Utara Jogja (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

Harianjogja.com, JOGJA-Kendaraan wisata Kraton yang akan digunakan memiliki kapasitas delapan orang. Operator sudah menyiapkan lima unit kendaraan saat uji coba yang rencananya dilakukan mulai Jumat
(28/11/2014) atau bersamaan dengan pembukaan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS).

Ketua Komunikasi Kawasan Alun-Alun Utara (FKKAU) Jogja, Muhammad Fuad menyebut, perizinan kendaraan wisata seperti trayek angkutan juga sudah dimiliki sehingga kendaraan tersebut sudah siap dioperasionalkan.

Advertisement

“Hingga akhir tahun ini, akan kami upayakan menambahnya menjadi 10 unit dan pada tahun depan ada tambahan 10 unit lagi,” katanya.

Bus pariwisata yang tidak lagi diperbolehkan masuk kawasan benteng Kraton Jogja diharapkan memanfaatkan Taman Parkir Ngabean atau memanfatkan lokasi parkir alternatif seperti XT-Square, Kafe Pyramide di Jalan Parangtritis dan Pasar Niten di Jalan Bantul.

“Jika Ngabean sudah penuh, maka bus bisa melakukan ‘drop off’ penumpang di Ngabean dan parkir di lokasi parkir alternatif. Kami siap jika mereka membutuhkan pemandu menuju lokasi parkir alternatif itu,” katanya.

Advertisement

Sementara itu, Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DIY Imam Widodo khawatir jika kendaraan wisata yang disiapkan operator tidak mencukupi kebutuhan.

“Baru akan ada lima unit dengan kapasitas satu unit delapan orang. Bagaimana jika wisatawan yang kami bawa jumlahnya banyak. Padahal, mereka harus selalu tergabung dalam rombongan,” katanya.

Kunjungan wisatawan menggunakan kendaraan wisata juga akan berdampak pada bertambahnya waktu kunjungan.

Advertisement

“Harapannya, kendaraan wisata itu selalu ada, sehingga jadwal kunjungan yang sudah diatur bisa dijalankan
dengan baik,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif