Soloraya
Senin, 24 November 2014 - 16:00 WIB

ANGIN KENCANG SRAGEN : Hujan Es & Puting Beliung Hantam Sragen

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SRAGEN — Bencana alam angin kencang kembali mengamuk di Desa Kalimacan dan Sambirembe, Kecamatan Kalijambe, Sragen, Minggu (23/11/2014) sore.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Tapi kerugian materiil akibat bencana itu mencapai ratusan juta rupiah. Informasi yang dihimpun Solopos.com di lokasi kejadian, Senin (24/11/2014), sempat terjadi hujan es saat angin kencang melanda.

Advertisement

Amukan angin kencang membuat puluhan rumah warga dua desa rusak dan pepohonan tumbang. Sebagian besar rumah warga yang rusak yaitu karena genteng tersingkap. Tidak ada laporan rumah roboh akibat bencana tersebut.
Dua kandang ayam milik Sukardi, 68, di Dukuh Tegalrejo RT 001 Kalimacan, ambruk diterjang puting beliung. Ribuan ayam pedaging siap jual mati tertimpa atap kandang. “Selain angin kencang ada hujan es juga,” tutur dia.

Sukardi mengatakan sebagian ayam yang selamat langsung dijual kepada pedagang. Alasannya, dia sudah tidak mempunyai kandang untuk memelihara ayam. “Beruntung masih ada yang hidup. Langsung saya jual,” imbuh dia.

Sukardi mengaku kerugian materiil akibat ambruknya dua kandang dan matinya ribuan ayam siap jual miliknya mencapai Rp600 juta. Dia berharap ada bantuan dari pemerintah. “Kerugian total sampai Rp600 juta,” aku dia.

Advertisement

Terpisah, Kasi Trantib Kalijambe, Agus Subagyo memastikan tidak ada korban jiwa dan luka dalam musibah yang terjadi sekitar pukul 18.00 WIB tersebut. Pada Senin pagi warga bergotong royong memperbaiki rumah yang rusak. Agus mencatat, puting beliung membuat 39 rumah di Sambirembe rusak. Rinciannya, sembilan rumah di RT 006, dan 30 rumah di RT 008.

“Kerusakan rumah hanya di bagian atap. Genteng tersingkap karena angin,” tutur dia. Kerusakan paling parah terjadi di rumah milik Komadi, warga RT 007 Desa Sambirembe. Pasalnya rumah tersebut tertimpa pohon yang tumbang. “Tapi pemilik rumah selamat. Warga sudah bergotong-royong,” imbuhnya.

Di sisi lain Kepala Badan Kesbangpolinmas Sragen, Giyadi, mengatakan ancaman bencana alam angin kencang selalu mengintai sepanjang peralihan musim. Warga diminta selalu waspada terhadap bahaya laten angin kencang.

Advertisement

Giyadi juga mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah perbukitan supaya mewaspadai bahaya tanah longsor. Dia mencontohkan wilayah Kecamatan Sambirejo dan Kalijambe. “Selalu waspada bila hujan turun,” seru dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif