Jogja
Minggu, 23 November 2014 - 07:15 WIB

BANDARA KULONPROGO : Konsultasi Publik, Pemilik Tanah Bisa Didampingi atau Diwakilkan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tim Pembangunan Bandara Baru melakukan verifikasi pendataan awal di Hotel Kusuma, Senin (27/10/2014). (Switzy Sabandar/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Kegiatan konsultasi publik rencana pembangunan bandara di Temon Kulonprogo berbeda dengan kegiatan sosialisasi.

Tim Pendataan Pembangunan Bandara Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta Ismintarti mengatakan dalam kegiatan konsultasi publik, pemilik tanah yang sudah lanjut usia dapat mewakilkan dan memberi kuasa kepada anggota keluarganya untuk hadir dalam tahap tersebut.

Advertisement

Menurutnya, format surat kuasa juga sudah disosialisasikan.

Diungkapkannya, untuk pemilik tanah yang sudah tua dan ingin hadir dalam tahap konsultasi publik dapat didampingi anggota keluarganya, namun kewenangan sepenuhnya tetap berada di pihak yang bersangkutan.

“Pendamping ya hanya mendampingi, keputusan tetap di tangan si pemilik undangan,” imbuh Ismintarti, Jumat (21/11/2014).

Advertisement

Terkait tanah yang mengalami alih kepemilikan dan berstatus jual beli di bawah tangan [tidak tercatat di Badan Pertanahan Nasional] juga sudah dipikirkan. Ia mengatakan, undangan diberikan kepada pemilik lahan yang lama dan baru sekaligus.

Ditambahkannya, pelaksanaan konsultasi publik dilakukan di balaidesa tanpa batas waktu. Artinya, bisa berlangsung dari pagi sampai malam, tergantung dari waktu yang dibutuhkan peserta.

Sebelumnya Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan, tahap sosialisasi menjadi pembelajaran di tahapan selanjutnya.

Advertisement

“Jangan sampai mengulang yang lalu hingga menimbulkan gejolak di masyarakat,” tuturnya.

Metode lain yang ditetapkan, kata Hasto, dengan menimimalkan intervensi di masyarakat, supaya tidak menimbulkan gejolak. “Untuk strateginya sudah disiapkan, tetapi tidak bisa kami ungkapkan saat ini,” imbuhnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif