Jogja
Sabtu, 22 November 2014 - 14:20 WIB

Warga Bantul Mulai Cairkan Dana Kompensasi Kenaikan Harga BBM

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga menerima dana kompensasi kenaikan harga BBM di Kantor Pos Bantul, Jumat (21/11/2014). (Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, BANTUL—Dana kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai dicairkan di Bantul. Sebanyak 86.611 rumah tangga sasaran (RTS) berhak menerima dana kompensasi yang dinamai Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) tersebut.

Pada Jumat (21/11/2014) siang, Pemerintah Kabupaten Bantul bersama Kantor Pos Bantul meluncurkan PSKS yang merupakan metamorfose dari program bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Advertisement

Pada peluncuran program tersebut, sebanyak 50 warga yang merupakan rumah tangga sasaran (RTS) diundang guna mecairkan dana kompensasi BBM senilai Rp400.000 untuk dua bulan.

“Kalau totalnya yang dapat mencairkan di Kantor Pos besar ada 5.000 RTS, hanya saja untuk peluncuran ini yang diundang 50 orang dulu,” ujar Kepala Kantor Pos Bantul, Hiban Hajid, kemarin.

Warga yang datang disyaratkan membawa kartu perlindungan sosial (KPS) dan identitas diri seperti KTP. Setelah data tersebut diverifikasi petugas, maka warga penerima mendapat rekening tabungan giro online. Warga bisa mencairkan dana kompensasi itu sekaligus atau menyimpannya sebagian sebagai tabungan.

Advertisement

Layanan pencairan dana itu dilayani sampai 2 Desember mendatang. Namun, bagi warga yang menabung sebagian dana kompensasi, dapat mencairkan tabungan atau sisa dana kompensasinya setelah 2 Desember.

Kantor Pos telah menjadwalkan pencairan dana kompensasi BBM di 17 kecamatan. Pencairan akan dilangsungkan kembali pada Minggu (23/11/2014) serta dicairkan serempak di 17 kecamatan pada Selasa (25/11/2014).

Hiban Hajid menyebut ada sebanyak 86.611 warga Bantul yang berhak menerima dana kompensasi BBM. Mereka dapat mencairkan dana tersebut di 17 kecamatan yang ada di Bantul. Namun, dari jumlah tersebut, hanya 60.428 warga yang pencairan uangnya ditangani Kantor Pos Bantul.

Advertisement

Untuk warga yang tinggal di lima kecamatan, sekitar 20.000 lebih warga, di Kasihan, Sedayu, Banguntapan, Sewon dan Piyungan, koordinasi pencairan uang kompensasi dilakukan dengan Kantor Pos Jogja.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif