Jogja
Sabtu, 22 November 2014 - 10:20 WIB

Ratusan Karyawan Pabrik Wig Piyungan Keracunan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

Harianjogja.com, BANTUL—Ratusan karyawan PT Dong Young Trees Indonesia yang berada di Piyungan Bantul mengalami keracunan missal, Jumat (21/11/2014) malam.

Hingga berita ini ditulis pukul 22.30 WIB belum bisa dipastikan penyebab keracunan tersebut.

Advertisement

Ratusan karyawan pabrik wig atau rambut palsu itu mulai merasakan pusing dan mual serta muntah-muntah sekitar pukul 19.00 WIB. Satu jam sebelumnya mereka makan bersama yang disediakan oleh perusahaan dengan menggunakan jasa katering.

Ratusan karyawan yang bertumbangan itu kemudian dilarikan ke Puskesmas Bantul. Akibatnya ruang Puskesmas tersebut tidak mencukupi. Sebagian besar korban dirawat dengan seadaanya di selasar puskesmas. Kurangnya tenaga di Puskesmas tersebut menjadikan pelayanan cepat menjadi sulit dilakukan.

Kepala Seksi Surveillence Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Widayati yang langsung meluncur ke Puskemas Bantul mengatakan berdasarkan informasi yang didapat sementara, saat makan karyawan pabrik itu mendapatkan menu nasi dengan sayur terong, ikan tongkol dan sambal.

Advertisement

Namun Widayati belum berani memastikan apakah makanan itu yang menjadikan penyebab keracunan karena harus dilakukan penelitian terlebih dahulu. ”Sekarang fokus terlebih dahulu ke perawatan korban,” katanya.

Widayati menambahkan, dari ratusan korban, puluhan di antaranya harus dilarikan ke sejumlah rumah sakit karena kondisinya mengkhawatirkan. Rumah Sakit yang digunakan untuk rujukan antara lain Rumah Sakit Prambanan, Hidayatullah, Rajawali Citra, Harjolukito, dan Permata Husada

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif