Jogja
Jumat, 21 November 2014 - 23:40 WIB

Pembangunan Multiyears Masih Unggulan di 2015, Seperti Apa?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Pemkot Jogja

Harianjogja.com, JOGJA-Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja masih akan mengunggulkan program pembangunan multiyears pada 2015
sebagai kelanjutan program pembangunan yang sudah dimulai pada tahun ini.

“Ada beberapa program pembangunan ‘multiyears’ yang sudah dimulai tahun ini dan akan diteruskan pada tahun depan. Program pembangunan itu masih menjadi unggulan pemerintah kota,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota  Jogja Edy Muhammad, Jumat (21/11/2014).

Advertisement

Salah satu program multiyears yang menjadi unggulan pemerintah adalah pembangunan Rumah Sakit Tipe D Pratama yang berlokasi
di bekas Puskesmas Mergangsan Kota Jogja.

“Pembangunan fisik gedung rumah sakit masih akan diteruskan tahun depan, termasuk melengkapi sarana dan prasarana pendukung.
Harapannya, rumah sakit tersebut sudah dapat beroperasi pada 2016,” katanya.

Selain rumah sakit, program “multiyears” yang masih akan dilanjutkan tahun depan adalah pembangunan gedung Dinas Pendidikan Kota Jogja serta penyelesaian pembangunan Blok H Rumah Sakit Jogja.

Advertisement

Pada tahun anggaran 2014, Pemkota Jogja menganggarkan dana sebesar Rp64 miliar untuk pembangunan Rumah Sakit Tipe D Pratama, sedangkan yang digelontorkan untuk pembangunan gedung Kantor Dinas Pendidikan Kota Jogja sebesar Rp25,7 miliar dan pembangunan tahap pertama Blok H Rumah Sakit Jogja Rp24,5 miliar.

Berdasarkan Nota Pengantar Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara 2015, Pemkot Jogja menetapkan tujuh program unggulan pembangunan di antaranya pembangunan di bidang sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan serta mitigasi bencana.

“Program pembangunan ditetapkan berdasarkan program nasional. Secara nasional, ada sembilan program. Namun, untuk daerah hanya mengambil tujuh program karena pembangunan di bidang keamanan dan politik menjadi ranah pusat,” kata Edy.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Dinas Bangunan Gedung dan Aset Daerah (DBGAD) Kota Jogja Hari Setya Wacana mengatakan program pembangunan fisik yang dilakukan pada tahun anggaran 2014 berjalan cukup baik.

“Pekerjaan fisik masih berjalan sesuai dengan penjadwalan yang ditetapkan. Harapannya, pekerjaan bisa selesai sesuai target,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif