News
Jumat, 21 November 2014 - 15:06 WIB

KENAIKAN HARGA BBM : Survei LSI: Pamor Jokowi Anjlok Jadi 43,82%

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jokowi-JK seusai mengumumkan harga baru BBM, Senin (17/11/2014) malam. (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Solopos.com, JAKARTA — Kebijakan kenaikan harga BBM subsidi oleh pemerintah berdampak pada kemerosotan tingkat kepuasan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga 43,82%. Hal itu tampak dari survei yang digelar Lembaga Survei Indonesia (LSI) baru-baru ini.

Meskipun terjadi kemerosotan ketidakpuasan terhadap Jokowi, namun masyarakat yang puas dengan kebijakan awal Kabinet Kerja tersebut masih lebih tinggi, yakni 44,94% atau selisih 1,12% dan yang tidak menjawab 11,24%.

Advertisement

Data hasil survei LSI pimpinan Denny JA itu menggunakan metode quick poll yang dilakukan pada 18-19 November 2014 atau sehari setelah pengumuman pengalihan subsidi BBM oleh Presiden Jokowi. Survei dilakukan terhadap 1.200 responden di 33 provinsi dengan margin error +/- 2,9%.

“Jokowi harus mulai berhati-hati. Jokowi akan ditinggal pendukungnya saat maju sebagai capres nanti karena menaikkan harga BBM,” ujar peneliti LSI, Ade Mulyana, dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (21/11/2014).

Ketidakpuasan terhadap kebijakan tak populis tersebut dianggap memberatkan masyarakat karena seketika mengerek harga kebutuhan pokok. Kemudian program kompensasi perlindungan sosial pun belum bisa dirasakan langsung oleh masyarakat penerima.

Advertisement

Ade menegaskan pamor Presiden Jokowi dipertaruhkan ketika mengambil kebijakan menaikkan harga BBM sebelum 100 hari pertama kerja. Tetapi hal itu bisa diantisipasi dengan program yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Memang untuk perlindungan sosial harus dimanage dengan baik karena banyak dirasakan masyarakat. Mungkin suksesnya KKS, KIP, KIS bisa mengembalikan pamor Jokowi di hadapan publik,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif