News
Jumat, 21 November 2014 - 17:30 WIB

ANGGOTA TNI DITEMBAK BRIMOB : Pascabentrok Batam, Posisi Panglima TNI dan Kapolri Dievaluasi

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - TNI Rapat Koordinasi Menjelang Pemungutan Suara Pilpres 2014

Solopos.com, JAKARTA — Menko Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Tedjo Edhy Purdjianto mengevaluasi posisi Kapolri dan Panglima TNI terkait bentrokan TNI dengan Polri yang terjadi kembali di Batam, Kepulauan Riau.

Tedjo mengatakan perombakan perwira bintang tiga dan empat di dua institusi tersebut masih dipertimbangkan. Namun, saat ini, ia lebih condong untuk merombak perwira yang ada di lapangan. “Masih dievaluasi. Yang utama yang di lapangan,” katanya melalui pesan singkatnya kepada Bisnis/JIBI, Jumat (21/11/2014).

Advertisement

Jumat siang, Presiden Jokowi dikabarkan segera mengganti beberapa perwira bintang tiga dan bintang empat di lingkungan Polri dan TNI. Peristiwa di Batam akan dijadikan salah satu pertimbangan Jokowi dalam memilih pejabat yang baru.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan dalam beberapa bulan ke depan akan ada pergantian beberapa pejabat tinggi TNI dan Polri. Rotasi dilakukan untuk mengganti beberapa pejabat yang akan pensiun dalam waktu dekat.

“Secara waktu, sudah waktunya bagi Presiden untuk menggeser jabatan bintang tiga, empat, karena pejabat-pejabatnya akan pensiun,” katanya di Bina Graha, Jumat (21/11/2014).

Advertisement

Andi mencontohkan Kepala Staf TNI-AU Marsekal Ida Bagus Putu Dunia yang akan pensiun pada Desember dan Kepala Staf TNI-AL Laksamana Marsetio yang akan pensiun pada Februari.

Pergantian di lingkungan Markas Besar TNI, lanjutnya, akan dibarengi dengan pergantian perwira tinggi di lingkungan Markas Besar Polri. “Biasanya kalau pergantian di Mabes TNI dilakukan, Mabes Polri juga dilakukan,” kata Andi Widjajanto.

Menkopolhukam, papar Andi, sudah memberikan saran kepada Presiden tentang beberapa posisi strategis di TNI/Polri yang sebaiknya dimutasi. TNI dan Polri juga telah melangsungkan persiapan mutasi secara internal melalui Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi masing-masing instansi.

Advertisement

“Hasilnya akan dilaporkan Presiden pekan depan, untuk kemudian Presiden memutuskan jabatan-jabatan strategis apa yang akan diganti,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif