Lifestyle
Rabu, 19 November 2014 - 09:45 WIB

TIPS KESEHATAN : 4 Makanan Ini Berbahaya Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

Solopos.com SOLO – Buah dan sayur merupakan salah satu makanan penting yang baik untuk meningkatkan kesehatan.

Mengonsumsi sayur dan buah memberikan manfaat penting bagi kesehatan, tapi ternyata ada beberapa dari makanan tersebut yang justru beracun dan berbahaya jika dikonsumsi setiap hari.

Advertisement

Berikut beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi setiap hari sebagaimana dilansir Healthmeup, Senin (17/11/2014):

– Kentang Hijau
Kentang merupakan sumber karbohidrat yang sehat. Tapi, kita harus menahan diri dari makan kentang yang telah berubah warna menjadi hijau karena terkena sinar matahari terlalu lama.

Kentang yang terkena sinar matahari terlalu lama, mengandung racun yang menyebabkan sakit kepala, mual, kelelahan dan masalah pencernaan.

Advertisement

– Jamur Liar
Jamur memiliki nilai gizi yang tinggi, tapi perlu diingat bahwa sebagian besar jamur liar memiliki racun. Mengenali jamur yang beracun dan tak beracun adalah hal yang sulit karena mereka terlihat serupa. Oleh karena itu, dianjurkan untuk menghindari jamur liar.

– Singkong Mentah
Singkong tepung mengandung banyak kalori dan disarankan untuk kesehatan karena banyaknya vitamin, mineral, dan serat. Tapi jika makanan sehat ini dimakan mentah hal itu bisa saja berakibat mematikan karena glikosida sianogen beracun yang ada di dalamnya. Penting bagi Anda untuk selalu merendam, mencuci, dan memasak benar untuk menghilangkan racun.

– Tomat
Tomat adalah salah satu bahan penting untuk memasak. Tapi siapa sangka tomat juga bisa berbahaya jika tidak digunakan dengan hati-hati.

Advertisement

Daun dan tanaman tomat merambat mengandung atropin, zat beracun yang menyebabkan pusing, sakit kepala dan sakit perut. Penting bagi Anda untuk memotong kelopak hijau tomat untuk menghindari masalah kesehatan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif