Sport
Rabu, 19 November 2014 - 09:25 WIB

BINTANG MASA DEPAN : Ini Dia Golden Boys 1992 yang Tengah Naik Daun

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ini dia para bintang muda muda sepak bola dari Spanyol harapan masa depan. Ist/uefa.com

Solopos.com, MADRID — Para pemain kelahiran 1992 sedang naik daun di jagat sepak bola dunia saat ini. Mereka pun digadang-gadang bakal tampil bersinar pada perhelatan Euro 2016 di Prancis, dan performa mereka diprediksi semakin matang ketika turun di  Piala Dunia 2018 di Rusia.

Di Spanyol, muncul trio pemuda 22 tahun, Isco, Koke, dan Alvaro Morata. Isco adalah masa depan Timnas Spanyol. Begitulah pernyataan pelatih Spanyol, Vicente del Bosque, ketika gelandang yang kini memperkuat Real Madrid tersebut melakoni debut bersama La Furia Roja, julukan Timnas Spanyol, melawan Uruguay di Doha pada Februari 2013.

Advertisement

Ucapan Del Bosque mulai terlihat menjadi kenyataan. Isco dipercaya sebagai konduktor serangan La Furia Roja ketika menumbangkan Belarusia 3-0 pada laga kualifikasi Euro 2016, Minggu (16/11) WIB. Di level klub, Isco juga mulai mencuri perhatian suporter Madrid sejak dipercaya menggantikan Gareth Bale yang sempat absen karena cedera. Meski demikian, Del Bosque tak menampik masih ada yang perlu dikembangkan dari permainan Isco dan tak segan terus-terusan mengkritik gaya bermain gelandang Madrid itu.

“Saya menikmati permainanku dan mungkin saya keliru sedikit bernafsu bermain atraktif namun yang penting adalah bisa belajar dari kritik,” jelas Isco, seperti dilansir Yahoosports, Selasa (18/11).

Sementara Koke digadang-gadang sebagai jenderal lapangan tengah masa depan Spanyol. Pemain Atletico Madrid tersebut juga mencuri perhatian ketika membela Spanyol menaklukkan Belarusia dan ditempatkan pada posisi yang biasa dihuni Xavi Hernandez. Seperti halnya Isco, Koke merupakan jebolan Timnas Spanyol U-21 yang menjuarai Euro U-21 2013 lalu.

Advertisement

Sementara itu, Morata akhirnya mencapai cap pertamanya di level senior ketika melawan Belarusia. Meski demikian, striker Juventus itu masih perlu bekerja keras apabila ingin menjadi langganan di starting XI La Furia Roja.

Golden boys angkatan 1992 tidak hanya muncul di Spanyol. Di Brasil, Neymar telah lebih dahulu menghipnotis publik sepak bola dunia lewat skill individu yang dimilikinya. Pria kelahiran 5 Februari 1992 tersebut tampaknya telah berada di jalur yang tepat untuk mengikuti jejak bintang-bintang papan atas dunia, seperti rekan seklubnya, Lionel Messi dan superstar Madrid, Cristiano Ronaldo.

Seperti dilansir Marca, sementara di Jerman, generasi 1992 juga memunculkan sosok Mario Goetze. Gelandang Bayern Munich tersebut menjadi pahlawan Jerman ketika menaklukkan Argentina 1-0 lewat golnya di babak extra time pada final Piala Dunia 2014 lalu. Bakat unggul pemuda kelahiran 3 Juni 1992 tersebut pun telah tercium sejak dirinya ikut membawa Timnas Jerman menjuarai Euro U-17.

Advertisement

Dari Prancis, Paul Pogba dan Raphael Varane mewakili generasi muda yang sedang melejit di jagat sepak bola dunia saat ini. Keduanya bahkan lahir pada 1993. Sempat disia-siakan Manchester United, Pogba kini menjadi rebutan klub-klub papan atas di bursa transfer menyusul penampilan gemilangnya bersama Juventus dan Prancis.

Di posisi kiper, Thibaut Courtois asal Belgia juga terlahir pada 1992. Karier penjaga gawang berjuluk Tarantula tersebut mulai merekah sejak dipinjamkan klubnya, Chelsea ke Athletico. Chelsea tergiur memulangkan Courtois ke Stamford Bridge awal musim ini. Bahkan, pemuda 22 tahun tersebut mampu menggeser kiper utama The Blues, Petr Cech, yang berkuasa selama 10 tahun di bawah mistar Chelsea. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/SOLOPOS)

Daftar Bintang Muda  Kelahiran 1992 dan 1993 yang Sedang Naik Daun
1. Isco
Kelahiran : 21 April 1992
Posisi : Gelandang
Negara : Spanyol
Klub  : Real Madrid
2. Koke
Kelahiran : 8 Januari 1992
Posisi : Gelandang
Negara : Spanyol
Klub : Atletico Madrid
3. David Alaba
Kelahiran : 24 Juni 1992
Posisi : Gelandang
Negara : Austria
Klub : Bayern Munich
4.  Paul Pogba
Kelahiran : 15 Maret 1993
Posisi : Gelandang
Negara : Prancis
Klub : Juventus
5.  Thibaut Courtois
Kelahiran : 11 Mei 1992
Posisi : Kiper
Negara : Belgia
Klub : Chelsea
6.  Raphael Varane
Kelahiran : 25 April 1993
Posisi : Bek
Negara : Prancis
Klub : Real Madrid
7.  Neymar
Kelahiran : 5 Februari 1992
Posisi : Striker
Negara : Brasil
Klub : Barcelona
8. Lucas Moura
Kelahiran : 13 Agustus 1992
Posisi : Gelandang
Negara : Brasil
Klub : PSG
9. Mario Goetze
Kelahiran : 3 Juni 1992
Posisi : Gelandang serang
Negara : Jerman
Klub : Bayern Munich
10. Dani Carvajal
Kelahiran : 11 Januari 1992
Posisi : Bek
Negara : Spanyol
Klub : Real Madrid
Sumber: Marca/Wikipedia. (hkt/JIBI)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif