News
Selasa, 18 November 2014 - 09:35 WIB

SOLOPOS HARI INI : Harga BBM Naik, Islah KIH-KMP hingga Guru Pukul Siswa Pakai Hak Sepatu

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Selasa, 18 November 2014

Solopos.com, SOLO – Kenaikan harga bahan bakar minya (BBM) jadi topik utama Harian Umum Solopos hari ini, Selasa (18/11/2014). Kenaikan mulai berlaku mulai Selasa (18/11/2014), pukul 00.00 WIB.

Presiden Jokowi dalam pidato pengumuman kenaikan harga BBM bersubsidi ini mengatakan dirinya harus mengambil pilihan sulit untuk menaikkan harga BBM.

Advertisement

Selain kabar ini ada laporan dari islah KIH dan KMP di DPR serta kasus guru pukul siswa pakai hak sepatu. Simak rangkuman berita utama Harian Umum Solopos edisi Selasa, 18 November 2014;

HARGA BBM NAIK: Negara Tombok Rp1.500/L

Advertisement

HARGA BBM NAIK: Negara Tombok Rp1.500/L

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dan solar yang berlaku mulai Selasa (18/11), pukul 00.00 WIB.

Harga premium ditetapkan dari Rp6.500/liter menjadi Rp8.500/liter sedangkan solar dari Rp5.500/liter menjadi Rp7.500/liter. Kendati besaran kenaikan mencapai Rp2.000/liter, pemerintah masih memberi subsidi premium senilai Rp1.500/liter.

Advertisement

Sementara itu Presiden Jokowi dalam pidato pengumuman kenaikan harga BBM bersubsidi ini mengatakan dirinya harus mengambil pilihan sulit untuk menaikkan harga BBM. ”Dari waktu ke waktu kita sebagai bangsa kerap dihadapkan pada pilihan-pilihan sulit meski demikian kita harus memilih dan mengambil keputusan,” kata Presiden.

Presiden yang didampingi oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla, dan sejumlah menteri bidang ekonomi mengatakan untuk rakyat kurang mampu disiapkan perlindungan sosial berupa paket Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang dapat segera digunakan untuk menjaga daya beli rakyat dan memulai usahausaha di sektor ekonomi produktif.

Pemerintah menyediakan dana tunai Rp400.000/keluarga sebagai bantalan perlindungan sosial kebijakan penaikan harga BBM bersubsidi. Pemilik Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dan KKS bisa mengambil dana tersebut mulai Selasa (18/11) di kantor pos di seluruh Indonesia.

Advertisement

(Baca Juga: Respons SBY: Jokowi Harus Beri Penjelasan Soal BBM, Premium Naik Rp2.000/liter, Inflasi 2014 bakal Sampai 7,3%, Awas! Investor Asing Seolah-Olah Panik Hadapi BBM Naik, Harga BBM Naik Rp2.000/Liter, Ruang Fiskal Tambah Rp100 Triliun)

DINAMIKA PARLEMEN: KMP dan KIH Tamat di DPR

Kubu Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah Putih (KMP) akhirnya meneken kesepakatan da mai di DPR. Ketua DPR, Setya Novanto, berharap kedua kubu bersatu dan segera bekerja untuk rakyat.

Advertisement

Kesepakatan KMP dan KIH lahir setelah ada kesepahaman tentang bagi-bagi kursi pimpinan alat kelengkapan DPR (AKD) dan revisi UU MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) tentang hak interpelasi, hak angket dan hak menyatakan pendapat.

(Baca Juga: Inilah 5 Kesepakatan Damai KMP-KIH di DPR, Kesepakatan Diteken, KMP-KIH Resmi Berdamai, DPR Islah, KIH Segera Serahkan Nama Legislator untuk Badan Legislasi)

KASUS PENDIDIKAN: Guru Pukul Siswa Pakai Hak Sepatu

Tindak kekerasan yang diduga dilakukan guru terhadap murid terjadi di Sragen dan Sukoharjo. Akibat tindakan itu, sejumlah murid harus dibawa ke puskesmas dan rumah sakit (RS) untuk mendapatkan perawatan.

Di Sragen, lima siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) serta Multimedia SMKN 1 Sambirejo harus dilarikan ke puskesmas setempat, Senin (17/11) pagi. Mereka adalah Feryana Saputra, Muh. Andriyanto, Dwiki Purnomo Aji, Rian, dan Priyanto. Mereka mengalami luka di bagian kepala akibat dipukul guru Bahasa Jawa, Anik Sundari, menggunakan hak sepatu saat upacara bendera akan digelar di sekolah tersebut.

(Baca Juga: Pukul Kepala 5 Siswa Pakai Hak Sepatu, Ini Pengakuan Guru SMKN 1 Sambirejo Sragen, Guru SMPN di Sukoharjo Lempar Tempat Sampah ke Murid)

WISATA RELIGI: Makam Sawunggaling yang Terlupakan

Klaten dikenal memiliki banyak lokasi untuk wisata religi. Jika ditelusuri, jumlahnya bisa mencapai puluhan makam dan tempat ritual bersejarah. Wartawan Solopos, Chrisna Chanis Cara, menuliskan laporannya tentang makammakam yang kerap disambangi peziarah ini. Simak laporannya di Halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi Selasa, 18 November 2014.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif