Jogja
Senin, 17 November 2014 - 21:20 WIB

Yuk ke UGM Expo, Ada Mobil Listrik, Ular Sampai 'Gigi Berjalan'

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana pembukaan UGM Expo (JIBI/Harian Jogja/Humas UGM/Gusti Grehenson)

Harianjogja.com, SLEMAN – Universitas Gadjah Mada (UGM) secara resmi membuka pameran hasil karya riset dosen dan
mahasiswa di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat  di Grha Sabha Pramana UGM, Senins (17/11).

Pameran yang dibuka secara umum ini diisi 179 stand. Pengunjung bisa menyaksikan beberapa produk riset seperti mobil listrik buatan mahasiwa Fakultas Teknik, ular piton dari koleksi komunitas mahasiswa pecinta satwa liar Fakultas Kedokteran Hewan hingga boneka ‘gigi berjalan’ dari stand Fakultas Kedokteran Gigi serta aneka buah-buahan dan tanaman sayur mayur organik dari Kebun Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan Pertanian (KP4).

Advertisement

Ketua panitia UGM Expo 2014, Irfan Dwi Priyambodo mengatakan kegiatan pameran UGM kali ini diisi oleh berbagai produk riset dari 18 fakultas, sekolah pascasarjana dan vokasi, beberapa unit-unit penunjang, unit kegiatan mahasiswa, dana kelompok usaha kecil dan menengah binaan UGM. Menurut Irfan, pameran ini sebagai sarana untuk mendekatkan UGM pada masyarakat.

Hal senada disampaikan Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM, Suratman menuturkan pendidikan, riset dan pengabdian kepada masyarakat UGM ini diharapkan bisa menginformasikan lebih detail berbagai hasil karya teknologi dan pengetahuan UGM. Soalnya, sebagian hasil riset memberikan prioritas pada teknologi yang bisa diterapkan secara langsung untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Pada pembukaan UGM Expo, dilaksankan secara simbolis penyerahan hibuah satu buah mobil listrik dari pertamina untuk menunjang kegiatan riset dan pengembangan monil listrik nasional.  Mobil listrik sekelas MPV ini memiliki pankang 4900 mm, lebar 1850 mm, tinggi 1900 mm, dengan kecepatan putaran 8000 rpm dan tenaga 135 Kw.

Advertisement

Direktur Gas Pertamina, Hari Karyuliarto, mengatakan penyerahan bantuan hibah mobil listrik dari Pertamina tersebut sebagaia salah satu bentuk dukungan kepada perguruan tinggi dalam pengembangan mobil listrik nasional yang ramah lingkungan.

“Selain mobil listrik, kami pun membuka diri untuk kerja sama penelitian terkait pengembangan energi baru dan terbarukan,” pungkasnya seperti dikutip dari rilis yang Harianjogja.com, terima, Senin (17/11/2014)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif