Teknologi
Senin, 17 November 2014 - 03:09 WIB

SERBA LIMA : 5 Negara Ini Dikenal Berkat Penemuan Teknologi

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nokia Finlandia (wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO – Ketika Nokia dan Blackberry muncul kuasai pasar ponsel dunia, tak ada yang menyangka ada negara lain yang lebih “canggih” dibanding Jepang dan Amerika Serikat. Namun, nyatanya itu terjadi.

Finlandia dan Kanada mulai bersaing dengan negara-negara maju lain yang lebih mutakhir dalam hal teknologi.

Advertisement

Negara-negara di dunia pun terus mengembangkan aneka teknologi dengan kecanggihan-kecanggihannya yang bermanfaat bagi manusia. Berikut serba lima Solopos.com rangkum lima negara dengan perkembangan teknologi dan inovasi yang berhasil kuasai pasar dunia.

Ekspansi Ruang Angkasa AS

Ekspansi Ruang Angkasa AS

Advertisement

Ekspansi Ruang Angkasa AS

Ekspansi Ruang Angkasa AS

Astronot Amerika (wikipedia)

Inilah negara yang menjadi pioneer penemuan dan perkembangan teknologi dunia. Negara Paman Sam ini sudah sejak abad ke 19 telah membuktikan kekuasaannya dalam bidang teknologi.

Advertisement

Nokia Finlandia

Nokia Finlandia (wikipedia.org)

Nokia Finlandia

Negara ini populer berkat Nokia. Finlandia sebenarnya lebih berorientasi pada teknologi yang menyangkut kesehatan. Finlandia berkontribusi pada teknologi dunia dengan penemuan di bidang perawatan kesehatan, teknologi kehutanan, bioteknologi, teknologi genetik. Namun tak bisa dipungkiri, Nokia yang menancap sebagai brand yang paling dominan di pasar ponsel, telah melambungkan nama Finlandina.

Advertisement

Industri Otomotif Jepang

Industri Otomotif Jepang

Industri Otomotif Jepang (JIBI.detik)

Jepang merupakan negara dengan perkembangan teknologi yang banyak mengeluarkan penemuan berbagai macam teknologi. Dari teknologi komunikasi, otomotif hingga robot jadi inovasi yang terus berkembang di negeri sakura.

Advertisement

Di sektor otomotif, Toyota adalah satu di antara sejumlah merk otomotif Jepang yang berhasil medunia. Yamaha dan Honda juga mampu mendominasi berbagai kejuaraan otomotig dunia.

Negara yang kerap tertimpa bencana tsunami ini pun berhasil mengembangkan teknologi dalam menghadapi gempa dan tsunami.

Smartphone ala Kanada

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Smartphone ala Kanada

Blackberry jadi penantang paling serius produk-produk Apple di era awal-awal smartphone mulai marak digunakan. Kecemerlangan Blackberry mengusung fitur layanan chating Blackberry Messenger (BBM) membuat Waterloo, Kanada semakin banyak menghiasi media massa dunia.

Blackberry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 oleh perusahaan Kanada, Blackberry. Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam disebut Wikipedia sebagai sesuatu yang “mengejutkan dunia”.

Robot Korea Selatan

Robot Korea Selatan

Tak jauh dari Jepang, produk-produk negara Korea Selatan banyak yang telah mendunia. Samsung dan LG merupakan produk yang telah menyebar ke pelbagai negara dipenjuru dunia. Kemajuan negara ini berkat turun tangan pemerintah dalam mengembangkan riset. Secara khusus pemerintah pun mendirikan Korean Atomic Energy Commision pada tahun 1959. Selanjutnya, didirikan Korea Institute of Science and Technology yang dibentuk untuk riset industri. Pada tahun 2003 Korea Selatan mengembangkan robotika.

Robot Asimo Korsel (wikipedia.org)

(A.Nindya Paramita/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif