Otomotif
Senin, 17 November 2014 - 13:10 WIB

MOBIL BARU : Mirai, Mobil Hidrogen Toyota Terbaru

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, TOKYO — Bos Toyota, Akio Toyoda akhirnya memberikan nama untuk salah satu ‘anak emas’ barunya. Mobil itu adalah sebuah mobil hidrogen yang namanya Mirai.

Mirai, merupakan istilah dalam Jepang yang artinya masa depan. Mirai menandai titik balik Toyota di industri otomotif. Sebelumnya mobil ini dikenal dengan nama FCV (Fuel Cell Vehicle).

Advertisement

“Sebuah titik balik dimana sedan 4 pintu bisa berjalan sampai 300 mil dengan satu tangki gas hidrogen, yang bisa diisi ulang dalam 5 menit dan hanya menghasilkan emisi berbentuk air saja,” ujar Akio Toyoda dalam video resmi Mirai yang dirilis sebelum peluncuran mobil di Jepang, Senin (17/11/2014).

“Ini adalah mobil yang memungkinkan Anda mendapatkan semua tanpa kompromi,” tambah Toyoda.

Toyoda mengaku sudah menjajal mobil ini dan menyaksikan kehandalannya. Sebagai pengemudi, dia yakin mobil hidrogen bisa asyik untuk dikendarai.

Advertisement

“Dan percaya pada saya, mobil ini memiliki titik pusat gravitasi yang rendah, yang meberikan handling sangat dinamis,” ujarnya.

Mobil sudah dites sejauh jutaan mil di test track dan jalanan publik selama 10 tahun. Mobil pun selamat di daerah yang ekstrem seperti panas dan dingin serta lolos dari tes tabrak.

“Setelah bekerja dengan pemerintah lokal dan peneliti di seluruh dunia agar membuat mobil mudah dan enak untuk diisi ulang, kami siap mengirimkannya,” ujar Toyoda.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif