News
Senin, 17 November 2014 - 19:15 WIB

BISNIS ONLINE : Setelah Tokobagus.com, OLX Bakal Lebur Berniaga.com

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis/Dok)

Solopos.com, JAKARTA – Setelah “menggilas” Tokobagus, merek e-commerce yang bermarkas di AS, OLX kabarnya akan segera mencaplok situs jual beli, berniaga.com.

Dikutip Solopos.com dari Wikipedia, Senin (17/11/2014), OLX adalah sebuah merek e-commerce yang telah mendunia. Setidaknya grup OLX ini sudah hadir di lebih 106 negara dan tersedia lebih dari 40 bahasa berbeda. Di Indonesia, sepak terjangnya cukup menyita perhatian.

Advertisement

Sebelumnya OLX bermarkas di Buenos Aires, Argentina. Namun setelah melakukan ekspansi, OLX memindahkan pusat operasinya di New York, AS. Tahun 2010, Naspers masuk sebagai investor strategis di OLX, dikabarkan melalui investasi sebesar US$20 juta – US$40 juta.

Naspers adalah grup media besar yang bermarkas di Afrika Selatan. Ekspansinya ke Indonesia dilakukan pada tahun 2010 saat berinvestasi di Tokobagus.

Setelah dua tahun tepatnya di bulan Maret 2014 lalu, pada akhirnya OLX mengambil alih secara keseluruhan Tokobagus, termasuk mengubah namanya menjadi OLX.co.id.

Advertisement

Dilansir Detik, Sabtu (15/11/2914), tak lama berselang, OLX melalui induk usahanya Naspers melakukan kejutan dengan mengumumkan kesepakatan kerjasama patungan (joint venture) dengan Schibsted Media Group (Norwegia), Telenor Group (Norwegia) dan Singapore Press Holdings (SPH) (Singapura) untuk pengembangan platform online classified di empat negara yaitu Indonesia, Thailand, Bangladesh, dan Brasil.

Schibsted, Telenor dan SPH sendiri sudah berinvestasi di Indonesia melalui merek Berniaga.com. 

Di Indonesia, joint venture yang kemungkinan akan terjadi adalah OLX Indonesia yang sebelumnya berupa tokobagus.com, milik Naspers dan Berniaga yang merupakan bagian dari 701 search.

Advertisement

Setelah santer dikabarkan OLX dan Berniaga akan melebur, seperti dikutip dari Tech in Asia, akhirnya ada informasi dari pihak OLX Indonesia bahwa berita tersebut memang benar.

Bahkan, kini kedua perusahaan tersebut nantinya akan menjadi satu dan hanya menggunakan satu nama saja yaitu OLX, namun masih menunggu persetujuan dari European Commission.

Tujuan dari joint venture dengan memunculkan satu nama dari peleburan OLX dan Berniaga ini adalah agar dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi para konsumen di Indonesia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif