Lifestyle
Minggu, 16 November 2014 - 00:00 WIB

TIPS MENULIS : Ingin Jadi Travel Writer, Ini Caranya!

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menulis (JIBI/Solopos/wordpress.com)

Solopos.com, JAKARTA—Anda mempunyai hobi traveling alias bepergian? Tak ada salahnya hasil jalan-jalan Anda dituangkan dalam sebuah tulisan. Menuliskan pengalaman Anda bisa menjadi hobi yang baru yang menyenangkan. Namun, untuk menjadi seorang travel writer yang baik, Anda perlu mencoba dulu beberapa tips berikut ini.

1. Tingkatkan Kemampuan

Advertisement

Profesi penulis biasanya dikuasi oleh mereka yang memiliki latar pendidikan jurnalistik atau sastra, tapi bukan berarti mereka yang tidak mengenyam pendidikan itu tidak bisa menjadi penulis.

Karena itu selalu latih kemampuan menulis Anda, selain itu banyak membaca hasil tulisan para penulis perjalanan lain juga bisa menambah kosakata Anda.

Advertisement

Karena itu selalu latih kemampuan menulis Anda, selain itu banyak membaca hasil tulisan para penulis perjalanan lain juga bisa menambah kosakata Anda.

2. Kunjungi Tempat Baru

Setiap kali Anda mengunjungi tempat baru atau pergi berjalan-jalan, selalu dokumentasikan pengalaman Anda itu. Ambil foto tempat-tempat menarik, tulis jurnal, dan catat semua hal kecil yang terjadi selama perjalanan. Catat apa yang Anda rasakan, dengar, lihat, bahkan juga tentang penginapan, pengalaman kuliner Anda, serta biaya perjalanan.

Advertisement

Tempat yang Anda kunjungi mungkin pernah dikunjungi oleh orang lain, tapi coba cari sisi lain atau berikan pendapat berbeda mengenai lokasi perjalanan Anda. Temukan hal-hal baru atau lakukan sosialisasi dengan warga setempat untuk mendapatkan sudut penulisan yang berbeda.

4. Deskripsi Jelas

Pastikan setiap foto juga didukung oleh deskripsi yang jelas. Jika ada tempat-tempat bersejarah, Anda juga harus bisa mencari informasi seputar latar belakang tersebut. Buat tulisan yang mendetail untuk menarik perhatian pembaca sekaligus membuat mereka seperti ikut merasakan pengalaman Anda.

Advertisement

5. Jangan Malu Berbagi

Tunjukkan hasil tulisan Anda kepada teman, keluarga, atau rekan kerja di kantor. Minta mereka memberi masukan kepada Anda dan apakah ada aspek tertentu dalam artikel Anda yang mungkin harus lebih dikembangkan.

Selain itu, coba buat blog atau website khusus perjalanan Anda dan tuangkan cerita di situ. Blog juga menjadi satu cara bagi Anda untuk terus berlatih menulis. Jika ingin lebih profesional, kirim tulisan Anda ke majalah, surat kabar, atau media lainnya untuk bisa dimuat.

Advertisement

 

Advertisement
Kata Kunci : Tips Menulis
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif