Jogja
Minggu, 16 November 2014 - 03:45 WIB

Tempat Kulonprogo Expo Tahun Depan Dipindah

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo saat meninjau stan kerajinan batu andesit di pameran Kulonprogo Expo 2014, akhir pekan lalu. (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S)

Harianjogja.com, KULONPROGO–Penyelenggaraan pameran Manunggal Fair akan dipindahkan dari Alun-alun Wates. Pelaksanaan pameran tersebut tahun depan akan diselenggarakan di Taman Budaya Kulonprogo yang saat ini masih dalam pembangunan.

Kabag TI dan Humas Rudy Widiyatmoko mengatakan, selama ini penyelenggaraan pameran tersebut selalu diselenggarakan di pusat kota Wates. Alasan pemindahan pameran yang kini bernama Kulonprogo Expo itu bertujuan untuk meminimalisasi berbagai permasalahan yang terjadi selama pameran berlangsung.

Advertisement

“Alun-alun Wates sebenarnya sudah tidak layak untuk digunakan sebagai tempat pameran. Geliat aktivitas perekonomian terus tumbuh di kawasan tersebut. Selain itu, pertimbangannya saat ini kawasan itu juga telah digunakan sebagai ruang publik bagi masyarakat,” ujar Rudy di Media Center Pemkab Kulonprogo, Jumat (14/11/2014).

Rudy memaparkan, selama ini acara puncak Hari Jadi Kulonprogo selalu digelar di kawasan Alun-alun Wates. Pemindahan tempat penyelenggaraan acara tersebut juga mempertimbangkan fungsi serta penggunaan kawasan tersebut oleh warga. Setiap harinya, berbagai aktivitas seperti olahraga hingga kegiatan lain dilakukan warga di semua areal alun-alun.

“Selain itu, agar perbaikan taman di sekitar Alun-alun Wates dapat lebih optimal. Kami harap ke depan semoga dapat dipindahkan di Taman Budaya Kulonprogo yang berada di Desa Pengasih,” imbuh Rudy.

Advertisement

Sementara itu, Kasie Sarana dan Prasarana Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kulonprogo Didik Budi Haryanto mengatakan, sampai tahun depan kemungkinan pembangunan Taman Budaya belum selesai.

Namun, dia menandaskan, apabila akan digunakan untuk penyelenggaraan pameran, hal itu tidak menjadi masalah.

“Saat ini pembangunan yang dikerjakan yakni pagar keliling serta meratakan lokasi dengan urugan tanah. Tiang-tiang pancang untuk gedung juga akan dibangun, sehingga kalau pameran akan dipindahkan dari Alun-alun Wates, bisa dimanfaatkan,” papar Didik.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif