Sport
Minggu, 16 November 2014 - 06:25 WIB

PREVIEW, PREDIKSI BELANDA VS LATVIA : Laga Penting Demi Hiddink

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, AMSTERDAM— Pelatih Belanda, Guus Hiddink, mengaku siap mundur dari jabatannya apabila tim berjuluk De Oranje menelan kekalahan ketika menjamu Latvia pada putaran Grup A Kualifikasi Euro 2016 di Amsterdam Arena, Amsterdam, Senin (17/11/2014) pukul 00.00 WIB.

Hiddink terancam terdepak dari kursinya meski baru sekitar 72 hari menjalani periode keduanya menukangi Belanda. Maklum, dalam tiga laga pertama di Grup A, Hiddink baru menyuguhkan satu kemenangan bagi De Oranje. Hasil itu membuat Robin van Persie dkk. terperosok ke peringkat ketiga klasemen sementara Grup A, tertinggal enam poin dari Islandia dan Rep. Cheska yang berada di dua urutan teratas.

Advertisement

Setelah secara mengejutkan tumbang 0-2 dari Islandia pada laga terakhir kualifikasi Euro 2016, Belanda belum bisa keluar dari tekanan. Alih-alih bangkit, Arjen Robben dkk. justru dipermalukan 2-3 Meksiko pada laga persahabatan, Kamis (13/11) WIB lalu. Hasil-hasil itu tentu sangat mengecewakan Belanda, mengingat Hiddink mewarisi skuat bentukan pelatih Louis van Gaal yang finis di peringkat ketiga Piala Dunia 2014 lalu.

Mantan arsitek Chelsea itu pun sadar posisinya saat ini dalam tekanan besar. Dengan jantan, ia menyatakan siap lengser dari jabatannya apabila sampai menelan kekalahan dari Latvia. “Ya, saya akan mundur jika kami kalah dari Latvia,” janji Hiddink, seperti dilansir Daily Mail, Sabtu (15/11).

Tak ayal, Arjen Robben dkk. mesti mati-matian mengalahkan Latvia demi menyelamatkan masa depan Hiddink di kursi arsitek De Oranje. Belanda akan mengandalkan duet Klass Huntelaar dengan penyerang Manchester United, Robin van Persie, yang kembali fit di lini depan. Sementara itu, Robben dan Memphis Depay diproyeksikan untuk mendongkrak serangan Belanda dari sayap.

Advertisement

“Melawan Latvia, itu terdengar sebuah rencana bagus. Kami harus memenangi laga ini. Apalagi kami berutang kepada Hiddink. Dia memainkan sebuah pertandingan poker dengan mengumumkan dirinya siap mundur apabila kalah. Kami tidak ingin kehilangan dia,” urai Van Persie.

“Anda bisa melihat pernyataannya dengan cara berbeda.  Anda bisa mengatakan itu karena dia punya keyakinan besar dalam diri kami,” sambung Van Persie.

Sayang, Hiddink tidak bisa menurunkan skuat terbaiknya. Bek Aston Villa, Ron Vlaar, dibekap cedera betis ketika melawan Meksiko. Vlaar terlalu riskan diturunkan kontra Latvia.
Hiddink pun akhirnya memanggil  pemain Manchester City yang dipinjamkan ke PSV Eindhoven, Karim Rekik.
Latvia hanya tertinggal satu poin di bawah Belanda. Tim polesan Marian Pahars tidak akan diperkuat
Gints Freimanis yang diusir dari lapangan ketika menahan imbang 1-1 Turki di laga kualifikasi. Di level senior, ini akan menjadi pertemuan kedua bagi kedua tim setelah sebelumnya Belanda menang 3-0 untuk memastikan tempat pada Euro 2004 silam.

Advertisement

“[Kami akan menghadapi] Robben, Van Persie, [Wesley] Sneijder, dan beberapa pemain kelas dunia. Namun kami tidak akan menyerah,” jelas bek Latvia, Kaspars Dubra. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)
 
Belanda  VS  Latvia
• Live RCTI, Senin (17/11) Pukul 00.00 WIB
• Lokasi : Amsterdam Arena (Amsterdam)
• Wasit : Liran Liany (Israel)
 
Belanda (4-3-3) Pelatih : Guus Hiddink
Krul
Van Rhijn, De Vrij, Veltman, Willems
Afellay, Blind, Sneijder
Robben, Van Persie, Depay
Cadangan: Huntelaar, Vlaar, Promes, Wijnaldum, Fer, Van der Wiel, Bruma, Cillessen, Vermeer, De Jong, Narsingh
 
Latvia (4-4-2) Pelatih : Marians Pahars
Kolinko
Gabovs, Dubra, Gorkss, Kurakins
Ikaunieks, Zjuzins, Fertovs, A Visnakovs
Sabala, Visnakovs
Cadangan: Freimanis, Rakels, Morozs, Zjuzins, Bulvitis, Kova?ovs, Zigajevs, Rugins, Jagodinskis, Timofejevs, Steinbors

Pelatih Belanda Guus Hiddink siap mengundurkan diri jika kalah lawan Latvia. Ist/guardian.co.id

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif